Menjaga kesehatan balita supaya tumbuh kembangnya optimal

0
836
kesehatan balita

Bayi dan balita yang sehat serta terjaga kebersihan tubuhnya akan terhindar dari berbagai penyakit. Anak yang jarang sakit tumbuh kembangnya akan optimal sesuai usia anak.

Salah satu yang dapat dilakukan orangtua agar mencegah bayi mereka tidak jatuh sakit adalah menjaga kebersihan diri bayi dan mencermati produk-produk yang digunakan.

Dr.dr.Rini Sekartini, SpA (k), Konsultan Tumbuh Kembang Anak RSCM menyarankan:

» Mandikan balita menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun [bebas deterjen dan formulanya mild]. Lakukan dua kali sehari pagi dan sore, dan sebelum tidur malam sebaiknya tubuh bayi diseka, dikeringkan dan ganti baju.

» Kenakan pakaian yang bersih dan nyaman.

» Biasakan selalu cuci tangan sebelum makan dan sesudah buang air besar dan kecil. Bila kita merawat bayi, berarti orangtua atau pelaku rawat bayi yang cuci tangan.

» Bila anak berkeringat, segera seka dengan air bersih atau tisu basah, keringkan dan ganti bajunya.

» Jaga juga kebersihan peralatan yang digunakan untuk balita. Bersihkan dengan air bersih, bila perlu peralatan makan dapat diseduh dengan air hangat atau panas sebelum digunakan.

» Pilih produk yang tanpa deterjen dan yang food grade. Perhatikan tanggal kadaluarsanya, warnanya, dan bau produk tersebut. Simpan di tempat yang bersih dan tertutup.

» Perhatikan reaksi kulit bayi, bila terlihat gejala alergi, stop penggunaan tersebut

Selain itu menurut PURE sebagai produsen produk spesialis untuk baby, mom & kids yang diproduksi oleh perusahaan berbasis farmasi dengan standar Good Manufacturing Practice [GMP] berstandar internasional [Low Hazard 0-2], perlu juga diperhatikan dalam produk bayi tertera materi low hazard Eropa 0-2, supaya kulit bayi yang sensitif terhindar dari iritasi. « [teks @bartno | foto Shutterstock.com| sumber PURE]

SHARE