Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta: Pekan gratis pertunjukan seni dan budaya

0
851

Jakarta mulai menggiatkan lagi kegiatan seni dan budayanya, untuk meningkatkan jumlah wisatawan sekaligus mempopulerkan lagi bidang kesenian untuk warga Jakarta.

Lewat program Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta yang telah berlangsung pekan lalu [16-20 Desember], Dinas Pariwisata & Kebudayaan [Disparbud] DKI Jakarta memberikan sajian hiburan gratis dan edukasi yang menarik kepada warga Jakarta dengan menampilkan kilas balik aneka ragam kesenian terbaik yang pernah tampil di ibukota dalam kurun waktu 4 tahun terakhir.

Mulai dari pertunjukkan Rancak [teater tutur Betawi] dari Sanggar Puja Betawi, Wayang Golek, Pesisiran, monolog, musik eksperimentasi, tanjidor, bazaar kuliner, serta pameran foto, dan artefak kesenian, yang diselenggarakan di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki.

Arie Budhiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI, menuturkan, “Acara yang menyajikan aktivitas seni budaya mulai tahun 2010-2014 ini diharapkan dapat menumbuhkan proses evaluasi dari pelaku dan penikmat seni guna pengembangan aktivitas seni budaya di kota Jakarta.”

Selama lima hari penyelenggaraannya itu, pengunjungnya mencapai lebih 5 ribu orang. Dan rencananya, kegiatan ini akan dijadikan acara rutin sebagai penutup tahun.

Pada hari penutupannya kemarin [Sabtu], menghadirkan tarian kombinasi hip-hop dan tradisional berjudul ‘Old School’ dari Boogie Dance Company dan pertunjukan kolaborasi kelompok musik Mahagenta dan Dolok Martimbus.

Khusus untuk Mahagenta, yang merupakan kelompok musik dengan ciri khas instrumen musik klasik, tradisional, dan kontemporer, pada 7 Maret 2015 dalam rangka ulangtahun Mahagenta yang ke-19, akan menggelar konser tunggal di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki.  « [teks @bartno | foto dok. Dispurbad]

Kaleidoskop Seni Budaya Kaleidoskop Seni Budaya

SHARE