Legenda tinju dunia Muhammad Ali terserang pneumonia

0
635
Muhammad Ali

Legenda tinju dunia asal Amerika Serikat, Muhammad Ali, harus menjalani perawatan akibat serangan pneumonia atau radang paru-paru pada Sabtu, 20 Desember 2014. Ali sendiri telah mengidap penyakit parkinson yang tengah ditangani oleh tim dokternya.

Menurut juru bicaranya, Bob Gunnell, Ali dilarikan ke rumah sakit pada Sabtu pagi sesaat setelah pneumonia menyerang. Gunnell tak memberikan keterangan detail mengenai lokasi rumah sakit Ali dirawat untuk menghormati privasi keluarga Ali.

Sejak terserang parkinson, Ali tak sering muncul di hadapan publik. Terakhir, Ali menghadiri The Muhammad Ali Humanitarian Awards: An Evening of Recognizing Greatness pada September lalu yang diadakan oleh yayasan amal Muhammad Ali Center yang didirikannya bersama istrinya, Lonnie Ali.

Ali tak menyampaikan apa pun dalam kehadirannya pada acara amal tersebut. Salah satu penerima penghargaan, legenda NFL, Jim Brown, menyebut Ali sebagai “yang terbaik sepanjang masa.”

Ali pensiun dari karier tinjunya pada tahun 1981 untuk mengabdikan dirinya pada isu sosial dengan bepergian ke berbagai negara dengan misi kemanusiaan. Ali menerima penghargaan Presidential Medal of Freedom dari President George W. Bush pada tahun 2005. « [teks Ismi Damayanti dari AP | foto nbcnews.com]

SHARE