Duta Sheila On 7: Cukup saya yang merasakan kerasnya jadi musisi

0
19073

Band asal Yogyakarta, Sheila On 7 belum lama ini kembali meramaikan industri musik tanah air, dengan merilis album baru mereka bertajuk Musim Yang Baik.

Nah, bicara soal album baru Sheila On 7, terdapat salah satu lagu berjudul “Selamat Datang”, yang mengisi salah satu song list di album Musim Yang Baik. Lalu apa istimewanya lagu ini, dibandingkan lagu Lapang Dada, yang memang menjadi single andalan?

Hmm… Istimewanya, terletak pada pengisi backing vokal di lagu tersebut. Ternyata vokal diisi oleh kedua anak Duta, vokalis Sheila On 7, yang bernama Aishameglio Duta Chiara [10 tahun], dan Bima Al Ayman Modjo [9 tahun]

duta

Membocorkan soal keterlibatan kedua anaknya di lagu “Selamat Datang”, Duta mengaku ini adalah kali pertama kedua buah hatinya melakukan take recording dalam project band-nya.

“Waktu itu, yang ngomong pertama Erros. Kira-kira pertengahan tahun 2014, kebetulan anak-anak lagi nungguin saya rekaman di studio. Ketika itu, saya mau take backing vocal, tapi pas mau take saya ngerasa suaranya harus lebih segar, jangan saya terus. Lalu Erros langsung bilang, “anak lu aja suruh nyanyi,” ya sudah akhirnya mereka yang nyanyi,” ucap Duta kepada Ghiboo, belum lama ini.

Vokalis bernama lengkap Akhdiyat Duta Modjo ini, juga mengungkap tak ada kesulitan apapun bagi Aisha dan Bima [sapaan anak Duta] menyanyikan lagu. Pasalnya, keduanya sudah tahu dan hafal lagu “Selamat Datang” sejak tahun 2012, ketika masih dalam bentuk demo.

“Kendalanya, hanya malu saja. Mereka malu dilihatin sama om Erros, Brian, dan Adam. Tapi, ibunya juga ikut bujuk, dan ikut ke studio juga waktu itu,” tambahnya.

Tak ingin anak jadi musisi

Meski kedua buah hatinya, dengan mulus menjadi backing vocal dilagu “Selamat Datang”, bukan berarti ini menjadi sinyal bahwa Duta ingin anak-anaknya menjadi musisi mengikuti jejaknya.

“Saya bukan orang tua yang memaksa anak untuk jadi musisi seperti saya,” katanya. “Bahkan, kalau boleh milih saya nggak mau anak saya jadi musisi seperti saya. Cukup saya saja. Karena ayahnya ini, sudah cukup tahu bagaimana kerasnya hidup sebagai musisi. Biarkan mereka merasakan kerasnya hidup dibidang yang lain,” tambah suami Adelia Lontoh ini.

Duta menambahkan meski ia melarang anak-anaknya memiliki masa depan sebagai musisi, ia memastikan anak-anaknya harus menyukai musik. Itu sebabnya, baik Aisha dan Bima kini telah menjalani kursus piano. Terutama si sulung diakui sudah bisa memainkan beberapa lagu dengan pianonya.

duta dan keluarga
Duta bersama istri dan kedua anaknya.

“Anak saya itu harus senang musik. Cara mengenalkan musik, dari kecil mereka sudah sering mendengarkan musik yang saya dengar juga. Walaupun mereka nggak tahu artinya, tapi secara notasi dan nada, mereka sudah bisa menangkap. Dari situ saya sudah bisa lihat bakatnya,”

Seringnya memperdengarkan musik kepada anak-anak sejak dini, membuat putri dan putra Duta, juga mengembangkan selera musik mereka, ke industri musik masa kini. Turut diakui Duta, bila dirinya jadi tahu musik apa saja yang menjadi selera masa kini.

“Saya bisa dapat update lagu-lagu jaman sekarang ya dari anak saya. Bayangkan, anak kelas 5 SD sudah bisa membedakan mana suara Shakira, Christina Agluera, Adam Levine, itu karena mereka sering dengerin banyak lagu.”

Jadi, apakah Duta akan mempertahankan prinsipnya, tentang masa depan musik kedua buah hatinya? Simak jawabanya, sebagai pemungkas obrolan dengan Ghiboo.

“Pokoknya anak saya harus suka musik. Tapi, kalau takdir nanti menentukan mereka jadi pemain band, saya mau bilang apa? Tapi, kalau bisa milih, saya nggak mau mereka jadi musisi, hanya ingin mereka bisa menikmati musik dan bernyanyi-nyanyi di rumah,” tutupnya. « [teks[email protected]_D4 | foto @mirzablue]

SHARE