Mengenal sejarah Batavia lewat tangan sutradara Asia

0
552
Museum Sejarah Jakarta

Justin Ong, sutradara asal Malaysia telah terbukti sukses dalam menggarap film dokumenter seperti, Fight Masters-Silat dan Subak, untuk beberapa saluran televisi berbayar. Penghargaan untuk, Best Direction dan Best Cultural Documentary menjadi penanda kepiawaiannya di segmen ini.

Sekarang Justin Ong telah usai menggarap film dokumenter lainnya berjudul Building Batavia yang akan tayang perdana, 31 Desember pukul 20.00 WIB di channel History.

Building Batavia mengisahkan tentang bagaimana Batavia dibangun dan sebagai penanda masa kolonial yang ditinggalkan pada era modern Jakarta sekarang.

Selama lebih dari 300 tahun, Belanda mengembangkan Batavia menjadi ‘Amsterdam Timur’. Mereka membangun gudang-gudang besar, rumah-rumah mewah, balai kota bahkan kanal-kanal bergaya Belanda. Saat ini, sebagaian bangunan tersebut masih utuh dan memberikan kilasan kemegahan era tersebut.

Dalam film dokumenter ini, kamu akan diajak mengunjungi:

Sunda Kelapa
Pelabuhan yang menjadi rumah bagi salah satu armada pelayaran perdagangan paling berpengaruh yang terakhir di dunia, sebagai cikal-bakal kapal-kapal yang pernah mengirimkan pala senilai miliaran dolar ke Batavia untuk dikirim ke Eropa.

Toko Merah
Sebuah rumah yang dibangun pada masa awal kolonial Belanda dengan gaya bangunan yang sama sekali tidak cocok dengan iklim tropis.

Museum Sejarah Jakarta
Pernah digunakan sebagai balaikota Batavia, bangunan ini susah payah dipertahankan dan kini berubah menjadi museum. Pengunjung bisa menyusuri lorong-lorongnya, bahkan dapat masuk ke ruang-ruang bawah tanah yang dibangun pemerintah kolonial.

Restoran Oasis
Restoran ini masih melayani pengunjungnya dengan hidangan ala pesta bangsawan Belanda yang menggunakan bermacam peralatan makan dengan bahan-bahan yang berasal dari setiap sudut Indonesia maupun luar negeri.

Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa

Dan serunya lagi, lewat teknologi pesawat tanpa awak memungkinkan produser untuk memasukkan berbagai gambar dari udara ke dalam film dokumenter ini, yang memberikan pemandangan unik berbagai bangunan tua yang terletak di antara bangunan-bangunan modern. « [teks @bartno | foto dok. Dispurbad DKI Jakarta]

SHARE