5 album paling laris di Inggris 2014

0
445

Seiring pergantian tahun, Official Charts Company Inggris kembali merilis daftar album musik yang paling laris penjualannya pada tahun lalu. Siapa saja musisi tersebut?

1. Ed Sheeran: x

Album Ed Sheeran, x berada di puncak album terlaris di Inggris tahun 2014. Album kedua tersebut sukses terjual lebih dari 1,7 juta kopi.

Angka tersebut bahkan mengalahkan penjualan album Adele 21 [2011], yang sempat menjadi penjualan terlaris di Inggris. Album ini sukses melahirkan beberapa hits yang sukses seperti “Sing”, “Dont” hingga “Thinking Out Loud”.

Resmi dirilis pada 23 Juni 2014, x juga sempat menduduki puncak Billboard 200.

2. Sam Smith: In The Lonely Hour

Sam Smith behasil menghentak dunia musik Inggris lewat album debutnya yang bertajuk In The Lonely Hour.

Album yang mencuri perhatian pengamat musik Inggris ini sukses terjual hingga satu juta kopi. Publik Inggris pun seperti menyambut baik kehadiran pemilik nama lengkap Samuel Frederick Smith itu ke industri musik Inggris.

Terdapat sekitar 10 lagu masuk dalam album ini. Beberapa di antaranya sukses menjadi hits dalam album ini seperti “Stay With Me”, “Money On My Mind”, dan “I’m Not the Only One”.

3. George Ezra: Wanted On Voyage

Selain Sam Smith, George Ezra juga sukses mencuri perhatian lewat album debutnya, Wanted On Voyage.

Terdapat 12 lagu yang masuk dalam album yang sukses terjual lebih dari 678 ribu kopi ini. Album ini melahirkan beberapa hits seperti “Blame It on Me”, “Did You Hear the Rain?”, “Listen to the Man”, dan juga “Budapest”.

4. Paolo Nutini: Caustic Love

Nama Paolo Nutini mungkin masih asing di telinga penikmat musik Indonesia. Namun, namanya sudah terlebih dahulu sukses mencuri perhatian penikmat musik Inggris.

Album Paolo Nutini yang berjudul Caustic Love membuktikan bahwa kehadirannya mendapat sambutan positif dari para penikmat musik. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian penjualan album ini, yakni lebih dari 550 ribu kopi. Album ketiga penyanyi asal Skotlandia ini juga sukses melahirkan beberapa hits seperti “Scream [Funk My Life Up]”, dan “Let Me Down Easy”.

5. Coldplay: Ghost Stories

Setelah penantian yang cukup panjang, Coldplay kembali merilis album baru. Berselang sekitar tiga tahun setelah Mylo Xyloto [2011, akhirnya Coldplay merilis album yang berjudul Ghost Stories di tahun 2014.

Para penggemar di Inggris tentu sangat menantikan album keenam band ini, sehingga album tersebut sukses terjual lebih dari 500 ribu kopi sepanjang 2014.

Album ini melahirkan beberapa hits seperti “Magic”, “A Sky Full of Stars”, dan juga “Midnight”. Selain itu, album ini juga membawa Coldplay masuk ke nominasi Grammy Awards 2015 untuk kategori Pop Vocal Album. « [teks[email protected] | foto muzu.tv]

SHARE