Donny Alamsyah keranjingan bikin robot

0
227
Donny Alamsyah

G-Readers pasti lebih mengenal aktor Donny Alamsyah, dengan kemampuan akting action-nya, ‘kan? Memiliki wajah tampan, selalu berpenampilan macho, dan berbadan tegap, membuatnya laris memerankan film drama aksi yang sarat menampilkan bela diri. Sebut saja film Merantau [2009], Merah Putih [2009], dan Darah Garuda [2010].

Di balik karakternya yang tegas dan pemberani, ternyata Donny bisa ‘menyelami’ dunia ilmu pengetahuan robotika, yaitu ilmu yang mempelajari pembuatan robot. Rutinitas merakit robot ini, diakui Donny sebagai hobi barunya yang terinsipirasi dari sebuah film animasi.

“Sekarang lagi coba bikin science project sama anak. Ini gara-gara film Big Hero 6,” kata Donny, pria kelahiran Jakarta, 7 Desember 1978 ini. “Di situ ada karakter-karakter yang suka sama laser, magnet, robotika dan listrik. Dia [sang anak] suka banget sama film itu, dan ingin punya robot. Jadi saya belajar bikin robot yang simple, cara kerja magnet, laser dan listrik.”

Ditambahkan pemeran Bagus dalam film DI Balik 98 ini, pelajaran ilmu robotika diperolehnya hanya dari internet. Kepada Ghiboo ia pun dengan bangga menjelaskan robot hasil buatannya.

“Sudah ada robot yang berhasil saya buat. Namanya Line Following Robot. Jadi sebuah robot kecil dengan sensor dua, yang berhubungan dengan motor penggerak. Motor penggeraknya ada dua, kanan dan kiri,” Ujar Donny menjelaskan.

Ia melanjutkan, “Cara kerjanya, kita buatkan garis, kalau misalkan keluar garis sebelah kiri, motor akan mati karena tersensor, sebaliknya, misalkan sebelah kanan mati, motor penggeraknya akan mati juga.”

Untuk satu robot, Donny mengaku menghabiskan waktu selama empat sampai satu minggu. Karena, hitungannya masih robot sederhana.

Berhasil dengan satu robot, apakah Donny puas? Tidak. Ia mengaku kalau membuat robot sangat menarik, dan sang buah hati pun ketagihan minta dibuatkan robot terus. Tentu saja, hal ini membuat dirinya selalu berpikir membuat percobaan robot apalagi selanjutnya, dan otomatis semakin mendorongnya belajar sciene project.

Sebenarnya hobi membuat robot, bukanlah kesukaan baru bagi suami Putri Anggraini ini. Sebelum dituntut keinginan R. Amdani [sang buah hati], sejak dulu Donny sudah penasaran dengan ilmu robotika. Sayangnya, di era masa kecilnya segala keperluan membuat robot masih sulit didapatkan.

“Dulu ‘kan, perlengkapan seperti itu ‘kan susah didapat ya, peralatan elektroniknya dan sensor belum ada di Indonesia. Sekarang jauh lebih mudah mendapatkannya. Lihat di internet, sudah ada yang menyediakan, modul-modul robotika juga mudah didapat,” pungkasnya. Penasaran ya G-Readers, jadi mau lihat robotnya! « [teks @DonT_D4 | foto @ryanstone]

SHARE