G-Readers, jangan sembarangan pasang foto profil di LinkedIn!

0
218
LINKEDIN

G-Readers tentu sudah mengenal social media LinkedIn, ‘kan? Tidak banyak yang tahu apa pentingnya meletakkan foto di media sosial, yang diperuntukkan bagi kalangan profesional tersebut. Setelah “merenovasi” curriculum vitae [CV], lantas banyak yang meletakkan foto asal-asalan di LinkedIn.

Sebenarnya foto seperti apa sih yang harus diunggah dalam situs ini? Dilansir dari situs Teen Vogue, yuk cek foto seperti apa yang perlu kamu letakkan:

» Buatlah kesan pertama yang baik. Saat meletakkan foto profile picture, sebaiknya kamu  memberikan kesan yang sama, seperti kamu sedang meeting dengan klien penting.

Hindari: Meski terlihat cool, konsultan strategi Kaitlin Maud dan fotografer Stephanie Romanoes menyarankan agar kamu tidak meletakan foto merokok kamu di LinkedIn, karena sebuah foto dapat mengisyaratkan banyak hal.

Tip : Tidak masalah kalau kamu ingin menggunakan candid shot. Tapi pastikan kalau fotomu tetap sopan.

» Jangan katakan ‘Cheese.’ Banyak para perekrut dan kolega potensial yang memeriksa foto untuk merasa nyaman dengan dirimu.

Hindari: Memasang foto dengan senyum palsu untuk jadi foto profilmu. Senyum asli dan natural tentu akan lebih baik.

Tip : Ubah foto buku tahunan dengan foto ‘tak sadar kamera’ kamu.

» Dress to impress. Ya, kata ini memang terdengar klise di telinga, tapi pakaian yang kamu kenakan di foto profil punya peranan penting. Foto ini tentu mengisyarakan sisi gaya pribadi kamu.

Hindari: memakai pakaian yang berlebihan atau ‘sok’ terlihat serius.

Tip: Pakai pakaian yang nyaman dan sopan seperti sweater. Kamu akan terlihat natural dan layak diperhitungkan.

» Temukan angle kamu. Sejak foto dapat mempresentasikan menjadi karyawan potensial, maka sebaiknya kamu memasang foto yang dapat merefleksikan tujuan. Ramones mengungkapkan, “Kamera seharusnya berada di samping atau sejajar dengan mata. Selain itu, framing juga penting untuk perempuan di mata pria yang mendominasi lapangan dan posisi kepemimpinan.

Hindari : Foto selfie atau apapun yang dapat membuat kamu terkesan kekanakan.

Tip: Pergilah ke studio foto, sang fotografer akan mengambil pilihan angle terbaikmu.

» Tampil cantik. Rambut menjadi salah satu hal sulit dalam pengambilan foto. Maud menyarankan, agar kamu menata rambut, make up, dan menggunakan pakaian yang kamu pakai di meeting pertama. Tentu hal ini sangat penting untuk merepresentasikan siapa dirimu.

»Hindari: Mewarnai rambut dengan warna funky, kecuali kamu memang ingin kerja di sebuah salon.

Tip: Bila kamu mencari pekerjaan, di mana kamu ingin gaya personalmu sedikit berbeda, tidak masalah untuk melepaskannya sejenak. Ini demi kepentingan foto dan wawancara, dan hanya untuk membuat kamu tahu apa yang akan dihadapi.

Yuk, cek foto kamu di notebook dan smartphone. Pastikan kamu tidak memasukkan foto Hall of Shame, monogram ke dalam LinkedIn kamu ya! « [teks @fffionayh | foto mashable.com]

SHARE