Kunjungan wisatawan asal China ditargetkan meningkat tahun ini

0
100

Wisatawan asal Negeri Tirai Bambu yang berkunjung ke Indonesia semakin pesat akhir-akhir ini. Melihat perkembangan itu, Kementerian Pariwisata menargetkan kenaikan jumlah wisatawan asal China.

Pada Januari hingga November 2014, jumlah kunjungan wisman [wisatawan mancanegara] asal China yang ke Indonesia sebanyak 883.725. Di tahun 2015, Menteri Pariwisata [Menpar] Arief Yahya berharap “Kita optimistis untuk meraih 2 juta wisman dari negeri ini pada akhir 2015”, sebagaimana dilansir dari laman resmi kementeriannya.

Untuk mencapai target tersebut, Menpar Arief Yahya melakukan kunjungan ke China di 11-13 Januari 2015. Di sana Pak Menteri melakukan pembicaraan bilateral dengan pejabat pariwisata China [China National Tourism Administration/CNTA], dan bertemu dengan pelaku bisnis pariwisatanya.

Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan bebas visa kunjungan singkat [BVKS] bagi 5 negara, yang termasuk di dalamnya China. Juga ada Australia, Jepang, Korea, dan Rusia. Serta, pemerintah juga memberikan kemudahan perizinan masuknya kapal layar [yatch] ke perairan Indonesia.

Target itu semakin mungkin tercapai dengan dibukanya rute baru maskapai Garuda Indonesia, Denpasar – Beijing seminggu 3 kali.

Sejauh ini, wisman asal Negeri Tirai Bambu memilih Bali sebagai tujuan wisata utamanya. Semoga saja tercapai targetnya ya G-Readers. « [teks & foto @bartno]

 

SHARE