Rio Dewanto, pecinta lukis yang kagum karya Salvador Dali

0
426

RIO DEWANTORio Dewanto, aktor yang membintangi film Arisan! 2 dan Modus Anomali, adalah seorang penyuka seni, salah satunya seni lukis. Bila sedang tidak disibukkan dengan dunia film, dirinya selalu menyempatkan diri pergi ke tempat-tempat yang berhubungan dengan art, baik itu di dalam negeri, maupun luar negeri.

Beberapa waktu lalu kepada Ghiboo, Rio cerita bahwa ia telah mengunjungi museum-museum di Spanyol yang memamerkan karya Salvador Dali dan Picasso. Rio yang saat ini sedang sibuk shooting film terbarunya berjudul Filosofi kopi, menyempatkan diri bercerita sedikit tentang kegemarannya akan lukisan.

lukisan karya siapa yang paling kamu suka?
Salvador Dali. Saya suka yang surealis.

Salvador Dali adalah pelukis surealisme terkenal asal Spanyol yang lahir pada 11 Mei 1904 dan meninggal 23 Januari 1989. Salvador bukan hanya membuat karya dalam bentuk lukisan, tapi juga fotografi, patung, karya tulis, dan film.

Salah satu karya lukisnya yang paling terkenal adalah “The Persistence Memory [1931]”, sebuah karya unik yang mengekspresikan sifat fana waktu melalui jam yang tampak mencair.

suka lukisan karya pelukis lokal?
Suka Affandi.

sejak kapan suka lukisan?
Dari SMA udah lumayan suka. Udah mulai suka karya Salvador Dali juga.

koleksi lukisan juga?
Ada tujuh sampai delapan lukisan, tapi semuanya painter lokal.

ada niat untuk beli lukisan karya pelukis luar negeri seperti karya Salvador Dali?         
Nggak. Mahal. Paling beli poster atau replikanya.

kalau beli lukisan pertimbangannya apa?
Selera.

kisarannya berapa kalau beli lukisan karya pelukis lokal?
Yaaa… lumayan nggak terlalu mahal lah. Tapi menurut saya, ketika kita beli sesuatu yang mahal untuk art, menurut saya patut untuk dibeli, karena art ‘kan suatu bentuk originalitas dan dibikinnya nggak banyak.

pernah coba ngelukis sendiri?
Ngelukis sendiri udah pernah nyoba, tapi jadinya ancur. Hehehe…« [teks @essthia | foto @ryanstones]

SHARE