Celeb Fact: Pengusaha nyentrik Bob Sadino

0
494

bob sadino

Tanah air kembali diselimuti kabut duka. Sosok publik figur sekaligus pengusaha, Bob Sadino, telah berpulang ke hadapan Maha Kuasa, Senin 19 Januari kemarin, pada pukul 17.50 WIB, di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta.

Kepergiannya di usia 81 tahun, tentu mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Om Bob –begitu ia disapa– banyak meninggalkan kenangan yang tak mungkin dilupakan berbagai kalangan. Dari pejabat negara, pengusaha, selebriti, sampai masyarakat biasa.

Untuk kembali mengingatkan G-Readers tentang sosok publik figur yang dikenal nyentrik dan nyeleneh ini, Ghiboo akan mengungkapkan beberapa fakta unik dari sosok Bob Sadino, yang mungkin belum kamu ketahui.

» Ia dilahirkan dengan nama asli Bambang Mustari Sadino, pada 9 Maret 1933, di Tanjung Karang, Lampung. Bob merupakan anak bungsu dari lima bersaudara.

»  Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga berkecukupan. Ayahnya seorang kepala sekolah SMP dan SMA.

»  Ketika berusia 19 tahun, orangtua Bob Sadino meninggal dunia. Dan saat itu ia pun langsung mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya. Ini karena saudara-saudaranya yang lain sudah dianggap mapan.

bob sadino»  Dengan modal harta warisannya, Bob memutuskan meninggalkan tanah air dan memilih berkeliling dunia. Sampai akhirnya, ia akhirnya memilih menetap di Belanda selama 9 tahun.

» Bob Sadino bertemu dan menikahi [alm] Soelami Soejoed ketika bekerja di Djakarta Lloyd di Belanda. Dari pernikahannya, Bob dan istri dikaruniai dua putri, yaitu Mira Andiani dan Shanti Dwi Ratih. Pada tahun 1967, Bob membawa serta keluarganya pulang ke Indonesia.

» Titik awal Bob menjadi pengusaha dimulai sejak kepulangannya ke Indonesia. Ia membawa serta dua mobil Mercedes miliknya, dan menjadikannya modal usaha. Bob menjual salah satu mobil Mercedes miliknya dan hasilnya dibelikan sebidang tanah di kawasan Kemang. Tak hanya itu, ia juga memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya untuk menjadi pengusaha.

» Bob Sadino pernah membangun usaha penyewaan mobil Mercedes, dan ia sendiri yang menjadi supirnya.

» Ia pernah menjadi kuli bangunan. Upahnya Rp 100 per-hari. Profesi ini terpaksa dijalankannya karena ia mengalami kecelakaan yang mengakibatkan mobil Mercedes-nya rusak parah, dan ia membutuhkan uang untuk perbaikan.

» Depresi menjadi titik awal Bob Sadino memulai bisnis telur ayam negeri. Seorang teman menyarankan Bob berternak ayam dan berbisnis telur ayam negeri untuk menghilangkan rasa depresi yang dialami Bob. Ia menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu. Karena, saat itu telur ayam negeri belum diminati, sehingga pelanggan Bob adalah ekspatriat yang bermukim di Kemang.

» Bisnis telur ayam negeri terus berkembang, ia pun melanjutkan dengan bisnis daging ayam negeri, dan sayur-sayuran. Sejak saat itulah Bob Sadino dikenal sebagai orang pertama yang mengenalkan ayam negeri beserta telurnya ke Indonesia. Sampai-sampai di tahun 1985, rata-rata per-bulannya bisnis Bob menjual 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan, dan sayuran segar 100 ton.

» Dengan kegigihan dan kerja kerasnya, kini Bob Sadino berhasil memiliki beberapa perusahaan. Di antaranya: PT. Boga Catur Rata, PT. Kem Foods [sosis dan ham], PT. Kem Farm [kebun sayur], dan pemilik tunggal supermarket Kem Chick.

bob sadino » Nyentrik dengan celana jeans pendek, dan kemeja putih dengan kancing atas terbuka. Sepanjang hidupnya sejak dikenal masyarakat, Bob Sadino kerap memakai celana pendek. Entah itu untuk acara formal maupun non-formal. Bahkan, saat mantan [alm] Presiden Soeharto mengunjungi rumahnya pada tahun ’80-an, ia tetap berpenampilan seperti itu. Cerita lain dari gaya pakaiannya yang nyentrik adalah ia pernah diusir petugas keamanan ketika berkunjung ke gedung DPR.

» Angka favorit Bob Sadino adalah 2121. Ini bisa dibuktikan dari area rumahnya, yang terletak di kawasan Lebak Bulus, Jakarta. Pertama, tipe rumahnya adalah tipe 21, nomor rumah adalah 2121. Lainnya, semua mobilnya memakai pelat nomor 2121.

» Bob Sadino pernah meluncurkan buku. Ada dua judul yang bercerita tentang kisah sukses Bob Sadino. Yaitu, Bob Sadino: Mereka Bilang Saya Gila! karya Edy Zaqeus dan Belajar Goblok dari Bob Sadino karya Dodi Mawardi.

» Mengumbar kata-kata penyemangat yang nyeleneh. Selain membukukan segala kisah suksesnya sebagai pengusaha, Bob Sadino juga terkenal dengan kata-kata penyemangatnya, yang terdengar semaunya, apa adanya, tapi banyak yang terinsipirasi. Seperti,  “Saya sudah menggoblokkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menggoblokkan orang lain”. Ada juga, “Banyak orang bilang saya gila, hingga akhirnya mereka dapat melihat kesuksesan saya karena hasil kegilaan saya.”

» Pernah diisukan meninggal dunia pada November 2014. Namun, ia segera membantahnya, lewat akun twitternya, @bObsadinO. “Aku masih HIDUP koooook … | #MerekaBilangSayaGila, tulisnya.

» Hal paling berharga bagi Bob Sadino semasa hidup adalah, ketika ia shalat berjamaah bersama istri dan kedua anaknya.

» Kesehatan Bob Sadino diduga mulai menurun sejak kepergian sang istri pada 22 Juli 2014.

» Bob Sadino akhirnya kembali kehadapan Sang Khalik, 19 Januari 2015, karena sakit saluran pernapasan kronis, dan sempat mendapat perawatan intesif 2-3 minggu. « [teks @DonT_D4 | foto ist /berbagai sumber]

SHARE