American Snipper: Trauma tentara pasca perang

0
185

Salah satu film yang masuk nominasi Oscar tahun ini untuk kategori Best Picture Oscar adalah film garapan sutradara Clint Eastwood, yaitu American Snipper. Film ini diangkat dari sebuah autobiography Chris Kyle berjudul American Sniper: The Autobiography of the Most Lethal Sniper in U.S. Military History.

Film ini berkisah tentang Chris Kyle, seorang penembak jitu yang merupakan anggota angkatan laut Amerika. Ia dianggap sebagai penembak paling mematikan dalam sejarah kemiliteran Amerika, karena telah membunuh 255 orang selama masa tugasnya sebagai tentara angkatan laut. Kyle menikah dengan gadis bernama Taya Renae. Setelah terjadi serangan 11 September 2001, ia ditugaskan ke Iraq.

Setelah masa tugasnya di Iraq selesai, ia kembali ke rumah untuk kembali bersama Istrinya yang telah melahirkan anak pertama mereka. Sang istri mengharapkan Kyle untuk lebih fokus kepada keluarga daripada kariernya di dunia kemiliteran.

Namun Kyle mendapatkan tugas keduanya, yaitu memburu seorang militan dari Yordania yang bertanggung jawab atas serangkaian pemboman, pemenggalan, dan berbagai serangan selama perang di Iraq. Lepas dari pekerjaannya sebagai seorang tentara yang mahir menembak, saat kembali ke rumah, Kyle mengalami trauma yang berhubungan dengan pengalaman selama perang.

Detail film
Sutradara Clint Eastwood
Produser Clint Eastwood, Robert Lorenz, Andrew Lazar, Bradley Cooper, Peter Morgan
Penulis Skenario  Jason Hall
Genre Action, Drama
Pemain Bradley Cooper, Sienna Miller, Max Charles, Luke Grimes, Kyle Gallner « [teks @essthia | foto americansnipermovie.com]