Isyana Sarasvati, ia menyebut genre musiknya exploration of pop

0
2262

Isyana Sarasvati, pendatang baru di industri musik, mengeluarkan single pertama berjudul “Keep Being You”. Ia menyebut genre lagunya itu dengan sebutan Exploration of Pop.

Soal penamaan genre itu, perempuan berusia 21 tahun ini menjelaskan, “Karena aku nggak mengotak-kotakkan genre dan open minded banget sama musik. Rock, klasik, jazz, atau apa saja, bisa menjadi inspirasi.”

Single “Keep Being You” sempat nge-hits di sejumlah radio tanah air. Bahkan, kata Isyana, single ini pernah berada di posisi lima besar iTunes sejak rilis pada 28 Oktober 2014.

“Lagu ini mengatakan cintailah apa adanya,” ujar Isyana, “seperti I love u just the way you are. Bahwa materi itu nggak selalu penting, padahal yang kita inginkan adalah waktu dan kasih sayang.” Ohh, so sweet ya G-Readers!

Keluarga pemusik

Isyana Sarasvati lahir dari keluarga pecinta musik yang juga pendidik. Jazz dan klasik adalah genre musik yang sering didengarnya.

Ia menghabiskan masa kanak-kanak di Belgia selama 5 tahun. Kemudian setelah ayahnya mendapatkan gelar doktor, ia kembali ke Bandung untuk memulai pendidikan di Sekolah Dasar.

Ibunya merupakan pengajar alat musik elektone, sehingga ia mahir memainkan alat ini. Ia bisa betah berjam-jam untuk belajar musik. Dan sejak usia 7 tahun, cita-citanya mantap menjadi seorang musisi.

“Awalnya belajar dulu, lalu mulai kursus, dan terus akhirnya ikut perlombaan,” tuturnya, menjelaskan awal meniti karier di bidang musik.

Pada usia 9 tahun, ia mulai ikut berbagai perlombaan kompetisi electone. Dari tingkat regional, nasional, hingga internasional.

Berkat keahliannya di bidang musik ini, Isyana mendapatkan beasiswa di Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura, dalam bidang Music Performance. Karena pencapaian nilai akademik yang baik, Isyana kembali mendapatkan beasiswa penuh untuk studi lebih lanjut di Royal College of Music, London, untuk semester terakhirnya di 2015. Woow!

Lewat beragam prestasinya itu, Sony Music mendatangi kediaman Isyana untuk mengajaknya bergabung di pertengahan tahun lalu. Jadilah kemudian Isyana terbang ke Swedia untuk membuat album perdananya.

Selama 15 hari di sana, Isyana menciptakan 14 lagu. Dan single perdana yang dipublikasikannya adalah “Keep Being You”. « [teks dan foto @Bartno]

Isyana SarasvatiTTL Bandung, 2 Mei 1993, bungsu dari dua bersaudara
Hobi Musik banget, gadget, dan waktu kecil suka aerobik, berenang, dan ice skating.
Warna favorit Pink. Hampir semua barang yang aku beli ada pinknya.
Film favorit Lagi suka PK, sebuah film India seperti Three Idiot.
Aktor favorit Tom Cruise
Aktris favorit Lagi kepikiran artis Korea IU
Lagu favorit Klasik
Makanan favorit Mashed potato dan nasi bogana
Musisi favorit Komponis besar dunia klasik

Prestasi
» Lulus dengan ‘distinction Grade VIII ABRSM [2007]
» 2 kali Finalis Nasional Yamaha Piano Kompetisi [2007, 2010]
» 3 kali Juara Grand Prix Asia Pasific Electone Festival [2008, 2009, 2011]
» Terpilih menjadi salah satu dari 15 Composer Electone Dunia yang tampil di Yamaha Electone Concours [YEC] 2012 di Tokyo, Jepang.
» Semifinalist Yamaha Electone Concours 2012, Japan.
» Juara 1, 6th Tan Ngiang Kaw/Tan Ngiang Ann Memorial Vocal Competition, Singapore [2012].
» Terpilih dalam pertukaran pelajar ke Tainan National University of the Arts Tainan, Taiwan [2012].
» 4 kali menjadi Juara 1 Kompetisi Piano Jawa Barat
» Juara 1, Kategori Profesional, Kompetisi Vokal Nasional Tembang Puitik Ananda Sukarlan, Indonesia [2013].
» Gold Certificate, 5th Bangkok Opera Foundation Singing Competition Bangkok, Thailand [2013]

SHARE