The Imitation Game: Pemecah kode rahasia perang

0
245

The Imitation Game adalah salah satu film nominasi Oscar 2015 untuk kategori Best Picture. Film ini merupakan kisah nyata yang diangkat dari buku Alan Turing: The Enigma yang ditulis Andrew Hodges.

Benedict Cumberbatch berperan sebagai Alan Turing, orang Inggris yang berprofesi sebagai ahli matematika, komputer, dan cryptanalyst yang dapat memecahkan kode rahasia lewat mesin Enigma milik Jerman. Turing dapat memecahkan kode rahasia yang berhubungan dengan kemiliteran Nazi, yang membantu tentara sekutu memenangkan perang dunia kedua.

Turing dan timnya yang bernama ‘Hut 8’, berpacu melawan waktu saat berusaha memecahkan kode rahasia Nazi di sekolah kode dan sandi pemerintah Inggris di Bletchey Park selama masa perang dunia kedua. Para ahli matematika, bahasa, catur, dan perwira intelijen memiliki sekutu yang kuat pada masa pemerintahan Perdana Menteri Winston Churchill yang memberi kuasa atas ketersediaan sumber daya yang mereka.

Film ini menceritakan periode-periode penting dalam hidup Turing. Masa remajanya yang tidak bahagia saat di asrama, keberhasilan atas kerja rahasianya di masa perang dalam revolusi elektro mekanik bombe, yang dapat memecahkan 3.000 kode rahasia Enigma dalam sehari, serta tindak pidana karena keyakinannya terhadap hal yang tidak wajar, yaitu mempertahankan hubungan homoseksual. « [teks[email protected] | foto theimitationgamemovie.com]

Detail Film
Sutradara Morten Tyldum
Produser Nora Grossman, Ido Ostrowsky, Teddy Schwarzman                                                
Penulis Skenario Graham Moore
Genre Drama
Pemain Benedict Cumberbatch, Keira Knightley, Charles Dance