Avip Priatna gelar konser klasik perjalanan hidupnya

0
208
Avip Priatna
Avip Priatna

Selama 50 tahun, sebagian besar hidupnya ia abadikan di dunia yang sangat disenanginya, yaitu musik. Avip Priatna itulah dia, seorang konduktor muda terkemuka milik negeri ini yang juga sebagai pelopor kebangkitan kembali paduan suara Indonesia.

Ia pernah meraih penghargaan Konduktor Terbaik di Torrebieja, Spanyol [2011], dan di Varna, Bulgaria [2012]. Penghargaan terbaru yang diterimanya adalah Juara Umum dalam kompetisi 10th Cantemus International Choir Festival di Hungaria, Agustus 2014, lewat paduan suara yang diasuhnya, The Resonanz Children Choir [TRCC].

Nah, dalam merayakan setengah abad perjalanan usianya, Avip Priatna menggelar konser 50 Years of Blessing, bekerjasama dengan Djarum Foundation di Balai Resital Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu, 24 Januari, kemarin.

“Terselenggaranya kegiatan ini merupakan bentuk syukur atas apa yang telah saya capai dalam usia 50 tahun,” katanya. “Saya ingin terus berbagi, memperkenalkan dan mengajak generasi muda berbakat untuk mengembangkan minat dan kemampuannya agar dapat berprestasi, tidak hanya di Indonesia tapi juga di ajang internasional,” Avip menambahkan.

Selain menampilkan musik klasik yang indah, pengumuman pemenang tiga kompetisi musiknya, ada sebuah kejutan di tengah pertunjukkan. Avip mengaransemen ulang lagu favoritnya karya Guruh Soekarno Putra bertitel “Sendiri”.

Avip juga memberikan penghargaan kepada para pribadi yang telah membantu perjalanan karirnya di dunia musik. Seperti Oerip Santoso, Toeti Heraty Rooseno, dan kedua kakak kandungnya, serta beberapa kolega dari konduktor yang lahir di Bogor ini.

This slideshow requires JavaScript.

Konser yang berlangsung lebih kurang dua jam itu ditutup lewat lagu “Celebration” yang diaransemen dalam bentuk paduan suara sehingga terdengar lebih megah dan menambah semangat malam itu.

Rencananya, pada 18 April 2015 di Gedung Theater Jakarta, TIM, Jakarta Concert Orchestra dan Batavia Madrigal Singers yang didirikan oleh Avip akan mengadakan konser bertajuk ‘Love of My Life’, konser lagu-lagu Queen.

“Konser lagu-lagu Queen ini adalah salah satu upaya kita untuk menarik dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk lebih kreatif. Kita akan mengemasnya seperti bentuk musik klasik. Ini akan menjadi gubahan yang baru,” ujar Avip, yang mimpi jangka panjangnya adalah memiliki gedung konser yang lebih bagus.

Lalu bagaimana ya pendapat para penikmat musik yang hadir di malam konser 50 Years of Blessing mengenai sosok Avip Priatna?

The Comments
Arya Brahmantyaboga [Jakarta]
“Pak Avip menurut saya adalah sosok yang berani, tidak mau menyerah, mendidik, dan mengayomi. Perjuangannya yang tak pernah henti itu menginspirasi saya.”

Fauzie Wiriadisastra [Bandung]
“Dia orang yang bersemangat sekali dalam hal musik. Bensinnya kayanya nggak habis-habis.”

Ken Steven [Medan]
“Ia orang yang rendah hati, berwibawa, dan menjadi inspirasi karena prestasinya yang luar biasa.” « [teks @bartno | foto dok. Image Dynamics]

SHARE