Foxcatcher, dinamika kehidupan pegulat

0
177

Satu lagi film yang masuk dalam jajaran nominasi Academy Award ke-87, yaitu film Foxcatcher.

Film besutan Bennett Miller ini tidak hanya masuk dalam satu-dua nominasi saja, lho, tapi lima nominasi sekaligus! Di antaranya: Best Director, Best Actor, Best Supporting Actor, Original Screenplay, dan Make-up and Hairstyling.

G-Readers penasaran nggak sih kenapa film yang dibintangi Channing Tatum ini bisa banyak masuk dalam nominasi? Lebih baik simak sinopsisnya.

Foxcatcher merupakan film yang diangkat dari kisah nyata seorang pegulat profesional yang meraih medali emas Olimpiade bernama Mark Schultz [Channing Tatum].

Di satu titik, Mark menjalani hidup dalam ketidakjelasan dan kemiskinan. Sampai akhirnya, ia menemukan titik terang untuk keluar dari keterpurukan dan minim finansial melalui pertemuannya dengan seorang jutawan John du Point [Steve Carell].

John du Pint mengajak Mark untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, dengan menawarkan pekerjaan sebagai pelatih di tempat pelatihan gulat mewah miliknya, bernama Tim Foxcatcher di Pennsylvania.

Mark pun menerima pekerjaan sebagai pelatih dengan rasa senang hati dan bersemangat. Seakan-akan ini menjadi kesempatan baginya untuk keluar dari bayang-bayang sang kakak, Dave Schultz [Mark Ruffalo], yang juga berprofesi sebagai pegulat, bahkan lebih terkenal dari dirinya.

Kerjasama antara Mark dan John du Point berjalan dengan baik. Bahkan, keduanya menjadi sangat dekat, sampai Mark merasa John tidak hanya sebagai bos, tapi juga seperti sosok figur ayah yang baik.

Keadaan semakin lama, semakin berubah. John menunjukkan sifat-sifat yang mengganggu psikologis Mark. Terutama, ketika John mulai merusak hubungan Mark-Dave, sebagai adik-kakak. Tragedi mencekam di antara ketiganya pun mulai terjadi.

foxcatcher

Channing Tatum kapok bergulat
Memerankan film berlatar dari kisah nyata, para aktor dalam film ini, salah satunya Mark Ruffalo, mengatakan: “Anda memiliki tanggung jawab memainkan orang yang nyata, dan aku ingin menghormati Dave [tokoh yang diperankan] dengan kemampuanku yang terbaik.”

“Satu-satunya cara saya tahu bagaimana memerankan Dave, dengan cara pergi keluar, dan mencari tahu tentangnya,” tambah aktor yang memerankan Hulk di film The Avengers ini.

Berperan sebagai pegulat, tentunya para aktor mendapat pelatihan khusus. Seperti bagaimana cara mereka bersikap, cara berjalan, dan gaya seorang pegulat. Tatum, Ruffalo, dan Carell mulai berlatih sebagai pegulat semenjak Juni 2012, silam.

“Ini menjadi film paling menyakitkan yang pernah kuperankan. Aku tidak ingin bergulat lagi,” kata Channing Tatum.

Sedangkan Carell, lebih menjelaskan karakter John du Point yang ia perankan di film Foxcatcher. “Gulat menjadi sangat penting bagi John. Karena itu adalah panggilan yang dipilihnya.”

Sepertinya seru menyimak cerita para pemeran film Foxcatcher. Penasaran dengan filmnya, G-Readers?« [teks @DonT_D4 | foto Facebook/FoxcatcherMovie]

Detail Film
Sutradara Bennett Miller
Produser Bennett Miller, Megan Ellison, Jon Kilik, Anthony Bregman
Penulis E. Max Frye, Dan Futterman
Pemain Steve Carell, Channing Tatum, Mark Ruffalo, Vanessa Redgrave
Genre Drama

SHARE