Pesawat terbang pertama yang akan keliling dunia tanpa bahan bakar

0
120
Pesawat Terbang Solar Impulse
Bertrand Piccard dan Andre Borschberg

Lewat impian, manusia menembus batas-batas ketidakmungkinan. Menginjak bulan, menjelajah Mars, membelah sel, dan banyak hal lainnya yang tidak mungkin telah berhasil dibuat menjadi nyata.

Seperti ini G-Readers, dua pilot asal Swiss —Bertrand Piccard dan Andre Borschberg— berniat akan mengelilingi dunia dengan menggunakan pesawat terbang tanpa bahan bakar alam, alias terbang dengan energi matahari.

Lewat pesawat terbang generasi kedua –yang diberinama Solar Impulse 2— mereka siap mewujudkan impian itu, dan menjadi yang pertama di bumi ini, sebagai pengeliling dunia dengan menggunakan pesawat bertenaga matahari.

Solar Impulse merupakan proyek jangka panjang yang dikomandoi Piccard yang juga seorang psikiater, dan Borschberg yang juga pelaku bisnis. Proyek ini dimulai di November 2003.

“Kami ingin mendemonstrasikan teknologi hijau dengan tenaga yang dapat diperbaharui, dan sebagai bukti, kami dapat melawan ketidakmungkinan,” jelas Piccard, yang dilansir dari laman euronews.

Sebelumnya, Piccard dan Borschberg telah berhasil menerbangkan Solar Impulse 1 di tahun 2009. Dan kemudian menerbangkannya kembali selama 26 jam termasuk di waktu malam pada Juli 2010.

Rencananya, perjalanan keliling dunia mereka akan dimulai di akhir Februari atau awal Maret 2015. Rutenya dimulai dari Abu Dhabi dan kembali ke sana lima bulan kemudian, dalam kecepatan 50-100 kilometer per jam. Lalu akan mendarat sebanyak 12 kali dalam rute sejauh 35 ribu kilometer, termasuk di dalamnya 5 hari terbang tanpa henti di atas Samudera Pasifik. Wow! « [teks @bartno | foto sccij.jp]

SHARE