60 persen remaja merasa lebih nyaman bertanya mengenai seks

0
103

Masa pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Pubertas biasanya dimulai saat usia 8 hingga 10 tahun, dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun.

Menurut data polling yang dimiliki Laurier, dengan responden 189 remaja putri usia 13-19 tahun yang berasal dari 18 kota di seluruh Indonesia, menunjukkan hasil bahwa 79 persen remaja selalu berkomunikasi dengan orangtua.

Untuk masalah topiknya, yang tertinggi mengenai sekolah [22 persen] dan agama [19 persen]. Lalu kemudian bila ditanya mengenai hal yang sulit apa untuk dikomunikasikan dengan orangtua, para remaja menempatkan seks [25 persen] sebagai yang tertinggi, pacar [21 persen], tren [17 persen], dan pergaulan [11 persen].

Fakta lainnya yang didapatkan dari rekapitulasi data Q&A Laurier, yang masuk sejak Januari 2012 sampai dengan 14 Agustus 2014 di laman menstruasi.com, terdapat sebesar 3.277 pertanyaan yang sebagian besar penanyanya [13-19 tahun], dengan topik yang paling banyak ditanyakan adalah mengenai menstruasi [86 persen], dan sedikit sekali pertanyaan mengenai seks ataupun kesehatan reproduksi secara lebih rinci.

Melihat data-data itu, dapat disimpulkan bahwa 60 persen remaja merasa lebih nyaman bertanya mengenai seks, pacar, dan pergaulan ke teman atau sahabat mereka yang pada umumnya memiliki umur yang sama, dan kemungkinan besar memiliki pengetahuan yang kurang lebih sama dengan remaja itu sendiri.

Dengan tujuan untuk mengedukasi remaja putri supaya dapat lebih terbuka dengan orangtua dan mau bertanya mengenai hal apapun, sehingga mereka dapat menjalani masa pubertas secara menyenangkan, nyaman dan tentunya aman karena memperoleh informasi yang benar dan mendapat pendampingan dari orangtua.

PT Kao Indonesia, lewat Laurier mengadakan Sisterhood Camp [9-10 Januari 2015] di Bumi Cikeas, Sentul, yaitu program edukasi pubertas, kesehatan reproduksi dan seksualitas yang dikemas dalam sebuah camp selama 2 hari yang dipandu oleh beberapa psikolog, dan kali ini dipimpin oleh Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi.

Program ini diadakan bagi 50 orang siswi terpilih dari 10 Sekolah Menengah Pertama di Jakarta, dan sekitarnya, yang didampingi oleh 50 orang tua dari masing-masing anak, serta 1 orang guru pendamping dari masing-masing sekolah.

Rencananya, kegiatan ini akan segera dilakukan juga di kota-kota lainnya di Indonesia lho. Untuk informasi selanjutnya dan lebih memahami mengenai masa pubertas kunjungi saja www.menstruasi.com. « [teks @bartno | foto dok. Laurier]

SHARE