Cerita Alika tahun baruan di Tanah Suci, Mekkah

0
145
ALIKA - RABO GHIBOO -16-1-15

Suasana tahun baru hampir menghilang. Awal tahun Kambing Kayu akan segera datang. Meski begitu, kenangan saat perayaan di malam pergantian tahun 2014 masih jelas terbayang. Apalagi pada saat perhitungan detik-detik itu, berada di tempat yang istimewa. Seperti cerita penyanyi berwajah manis, Alika.

Karis Alika Islamadina, begitu nama lengkapnya, memilih merayakan tahun baru di Tanah Suci, Mekkah, bersama keluarganya.

“Aku berangkat akhir Desember 2014, mendekati tahun baruan. Sebenarnya nggak direncanain pengin tahun baruan pas di Mekkah. Jadi pas tahun baruan itu pas aku umroh. Memang ternyata dari rundown-nya begitu. Dan benar-benar bisa merasakan tahun baruan pas lagi umrah,” ujarnya kepada kami, beberapa waktu lalu.

Lalu, bagaimana rasanya tahun baruan di sana?
“Sebenarnya nothing special. Nggak ada countdown ‘gitu. Jadi kayaknya orang di sana nggak merayakan tahun baru Masehi, karena ‘kan ada tahun baru Islam. Jadi kalau tahun baru Masehi mereka nggak ngerayain. Kayak hari-hari biasa aja,” paparnya.

“Jadi pas lagi pergantian tahun, aku persis lagi umroh. Karena aku baru nyampe dari Madinah ke Mekkah itu jam 10 malam. Jadi kami makan dulu, bersih-bersih, baru umroh. Mulai umroh itu sekitar jam 11 malam ‘gitu, jadi pas lagi thawaf, nggak terasa kami lihat jam sudah jam setengah satu pagi. Jadi malah nggak nyadar,” sahutnya sembari tersenyum.

Katanya, kalau di Tanah Suci semua hal yang pernah kita lakukan di sini akan mendapat ‘keistimewaan’ di sana. Apakah ada kejadian seperti itu?
Kayaknya nggak ada yang benar-benar ekstrem banget. Cuma, waktu di Madinah, saat ritual di Raudah, biasanya ‘kan ngantre banget dan desak-desakan. Tapi kali ini rombongan aku dapat yang terakhir. Jadi nggak diusir-usir. Nggak ada antrean lagi di belakang. Jadi kami bisa berdoa lebih lama,” papar penyanyi yang belum lama ini merilis single terbarunya bertajuk “Ge-Er”.

Beda banget ya. Tapi seru juga! Ada yang mau merasakan hal sama saat pergantian tahun depan, G-Readers? « [teks @bartno | foto @ryanstones]

SHARE