Tips mendaki gunung untuk pemula, saran dari Wisnu Wiryawan

0
447
Gunung Prau

Lewat cerita seru yang diperdengarkan, lewat foto-foto yang disebarluaskan, lewat film yang dipertontonkan, kisah mengenai pendakian gunung dapat memicu siapa pun yang mendengarnya untuk pergi ke sana. Mungkin juga termasuk kamu, G-Readers, yang kini sedang merencanakan pendakian pertama atau bahkan yang kesekian kali.

Nah, bagi yang baru pertama kali akan melakukannya, Ghiboo punya tipsnya. Ini tips mendaki gunung dari Wisnu Wiryawan, yang telah mulai mendaki sejak SMP sekitar tahun 1994-95. Setelah diwawancara di acara Masih Sore-Sore IRadio Jakarta, salah satu pengurus Federasi Mountaineering Indonesia ini mampir ke Ghiboo untuk kami tanyai lagi lebih detail mengenai serba-serbi mendaki gunung.

Yang perlu dipersiapkan
» Cari data gunungnya. Letaknya di mana, akses ke sananya, wilayahnya seperti apa.
» Ajak teman yang sudah pernah naik gunung. Dari pengalamannya dapat meminimalisir risiko bahaya.
» Siapkan peralatan yang diperlukan, termasuk survival kit. Diantaranya bawa peluit. Meniup peluit cuma menghabiskan 1/4 tenaga kita. Beda dengan teriak yang bisa menghabiskan setengah tenaga kita.
» Bawa konsumsi, lebihkan sehari. Jadi ketika terjadi sesuatu, kamu punya cadangan makanan untuk sehari.
» Persiapkan mental dan sikap. Kenali diri kamu, dan jaga sikap.
» Persiapkan fisik. Sebulan sebelum keberangkatan lakukan olahraga untuk endurance. Jogging misalnya, dua kali seminggu dengan durasi 30 menit hingga satu jam.

Tips packing
Kemas per paket dengan warna. Misalkan, pakaian ganti dengan plastik warna merah. Pakaian tidur dengan plastik warna putih, dan seterusnya. Jadi ketika kita butuh kita sudah tahu lokasinya di mana.

Wisnu Wiryawan
Wisnu Wiryawan

Cara mengatasi dingin
Dingin itu dipengaruhi dari asupan tubuh. Menggigil itu bagus karena menyesuaikan dingin. Supaya lebih nyaman lagi, ganti pakaian dengan bahan yang lebih nyaman, gunakan bahan pakaian yang dari wool, gunakan base layer, mid layer, baru kemudian outer layer.

Kalau memang suhunya sangat dingin, pakai bahan yang ada bulu angsanya, atau seperti bulu angsa. Pakai base layer yang bahannya wool, sama di kaki juga pakaikan base layer, baru outer layer. Selebihnya dari dalam tubuh berupa makanan.

Mengatasi teman yang kena hipotermia
Pertama, mengganti pakaiannya dengan yang lebih kering dan tebal, bungkus pakai survival blanket. Kenakan sleeping bag. Tapi sebelumnya transfer panas dulu. Jadi sebelumnya sleeping bag dipakai sama orang yang sehat, baru dipakaikan ke yang sakit. Kemudian setelah itu miringkan tubuh dia, cari celah untuk nafas. Selama dia belum sadar jangan dikasih makanan atau minuman apapun. Setelah sadar baru kasih minuman atau makanan.

Rekomendasi 
Gunung Gede Jawa Barat, Gunung Prau Jawa Tengah, dan Gunung Papandayan Jawa Barat. Gimana, sudah siap G-Readers! Selamat mendaki! « [teks @bartno | foto @ryanstones]