Cerita seputar tropi Academy Award dan Oscar

0
189

Penghargaan bergengsi untuk insan film, Academy Award 2015 atau populer disebut Oscar, akan diselenggarakan pada 22 Februari 2015 di the Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, AS. Namun tahukah G-Readers tentang sejarah penghargaan ini?

Academy Awards dimulai sekitar tahun 1927 di Hollywood, dengan pemberian semacam piala ksatria kepada pemenang dari nominasi yang telah ditentukan.

Patung Piala Oscar di design oleh Cedric Gibbons dan dibikin oleh George Stanley. Keduanya pembuat patung dari Los Angeles. Sebuah patung yang berdiri di atas gulungan film dengan pedang ditangannya.

Patung Oscar pertama kali dibuat dari bahan perunggu yang dilapisi emas 24 karat. Selama Perang Dunia II sempat mengalami kekurangan bahan logam sehingga menggunakan plaster. Hingga kini patung Oscar terbuat dari logam campuran, britanium, dan lapisan emas. Hanya dasar patung yang mengalami perubahan. Tinggi piala 34,3 sentimeter dan berat 3,8 kilogram.

Asal-usul nama Oscar
Tidak ada kejelasan yang mendalam mengenai nama Oscar sendiri. Ada beberapa versi dan penafsiran nama Oscar sampai saat ini.

Pertama, Actress Bette Davis menyatakan, dari nama dan sosok patung tersebut mirip dengan Harmon Oscar Nelson, suaminya seorang musisi ternama asal Amerika.

Kedua, Kolumnis Sidney Skolsky claimed that his use of the term referenced an old vaudeville joke that began, “Will you have a cigar, Oscar?” Inti dari lelucon itu adalah untuk meniadakan pretensi.

Dan ketiga, Pustakawan Akademi, Margaret Herrick menyatakan bahwa patung tampak seperti pamannya Oscar, dan sejak saat itu nama Oscar digunakan untuk sebutan Academy Award. « [text @EL_Sutopo]

SHARE