GAC, tentang single Bahagia dan nangis ketika menyanyi

0
3384
GAC Bahagia dengan single terbaru

Pada Januari kemarin, grup vokal GAC mem-publish video musik “Bahagia”. Hingga hari ini, 4 Februari 2015, video itu sudah disaksikan sebanyak 88 ribu lebih.

Dalam program streaming #RabuGhiboo, GAC bercerita seputar single “Bahagia” dan juga gigs yang berkesan. Kebetulan mereka hadir dengan personel lengkap: Gamaliel Tapiheru, Audrey Tapiheru, dan Cantika Abigail. Berikut wawancaranya:

kedatangan kalian ke sini untuk promo single terbaru?
Cantika: Iya single terbaru kita dari album kedua yang berjudul “Bahagia”.

boleh diceritakan soal single terbaru kalian ini ?
Gamaliel: Ini merupakan single pertama dari album kedua…. pembuatan album ini sendiri di Swedia. Jadi kita pergi ke Swedia kurang lebih hampir 3 minggu. Kita nulis lagu di sana. Rekaman juga di sana, bertemu dengan song writer dan produser di sana, dan semua liriknya benar-benar kita yang buat sendiri.

kapan rencana akan merilis album kedua ini?
Cantika: Untuk “Bahagia”-nya sudah dirilis pada tanggal 15 Oktober. Namun untuk album keduanya mudah-mudahan tahun depan [2015] sudah bisa dirilis.

untuk satu albumnya ada berapa lagu?
Cantika dan Aundrey: [Kompak menjawab] 10 lagu.

kalian berhasil membuat berapa lagu selama di Swedia?
Gamaliel: [Dengan sumringah menjawab] beberapa belas lagu gitu.

boleh diceritakan kenapa judulnya “Bahagia”, siapa yang menciptakan, gimana prosesnya bisa sampai ke Swedia ?
Gamaliel: Cerita yang ke Swedia dulu kali ya. Jadi waktu kita ke label Sony Music, mereka lagi meeting dengan seseorang dari Swedia dan di sana kita juga yang mau meeting dengan Sony. Sony cerita dengan orang itu, ‘eh ini GAC nulis lagu juga loh’. Terus dia mau dengerin kita nyanyi.

Dia langsung bilang ‘wah kalian harus ketemu dengan teman saya ini, mau nggak kalian berangkat ke Swedia? Yaa mau aja sih. Kita [ditambah dengan tawa Audrey] mengiyakan, mereka menanyakan jadwal kita.

Audrey: [menambahkan] Lalu pada bulan Maret kita berangkat. Sesampai di sana kita langsung bertemu dengan komposer dan penulis-penulis lagu yang keren banget. Di sana kita dalam 2 sampai 3 hari lagi gitu bisa berganti tim yang baru, bertemu orang baru lagi dan lagi.

Dan enaknya di sana mereka orangnya ramah-ramah semua kaya mereka nggak tahu kita siapa. Tapi mereka mau ngebantuin kita dengan sungguh-sungguh banget gitu.

Gamaliel, Cantika, Audrey
Kiri – kanan: Gamaliel, Cantika, Audrey

gimana caranya mendapatkan inspirasi membuat lagu. ‘Kan biasanya orang harus nunggu 1 bulan atau lebih biar dapat inspirasi lagi?
Gamaliel: Ya itu mental Indonesia. Tapi biasanya juga kita begitu. Nah kalau di sana kita udah dijadwalin kaya hari ini, lo bikin lirik, besoknya lo langsung rekaman gitu.

menurut kalian gigs mana yang paling berkesan ?
Cantika: Ya kalau mau jawab klise sih semua gigs berkesan untuk kita. Cuma buat aku yang berkesan itu di Bandung baru-baru ini. Jadi menurutku penonton di sana benar-benar semangat gitu. Di sana kita bawain 6 atau 7 lagu gitu. Baru kali itu aku nangis pas nyanyi.

Gamaliel: Ya gigs Bandung berkesan. Di Singapura juga berkesan, jadi di sana kita harus membawakan lagu original, soalnya itu bakal di-streaming ke YouTube.

Kita menyanyikan lagu bahasa Indonesia yang orang pahamnya bahasa Inggris. Tapi nggak nyangkanya respon mereka antusias gitu sambil joget-joget.

tempat yang paling jauh untuk kalian manggung?
Audrey: Kota pernah ke Malaysia juga. Ya jadi Malaysia dan Singapura.

ada rencana buat manggung keluar negeri lagi ?
Audrey: Kita mungkin mau mencoba ke daerah-daerah dulu deh.

Cantika: Sebenarnya kita sih nggak terlalu mengapresiasi harus ke luar. Cuma kalau lagu kita bisa sampai membawa kita keluar ya kita bersyukur banget dan pastinya kita menggambil kesempatan itu.

apa sebutan untuk nama fans kalian ?
Gamaliel: Ada namanya troops GAC, pasukan GAC. Soalnya menurut kita kalau pasukan itu kaya selalu mendukung apa yang kita lakukan. « [teks @jeanjany | foto @bagusdimsum]

SHARE