Semester dua di 2015, hotel ini mempekerjakan robot

0
92
Henn-na Hotel

Teknologi robot terus berkembang menuju kesempurnaan. Mimpi-mimpi akan robot terus dikibarkan lewat film-film futuristik dan yang berbau science fiction. Setahap demi setahap angan itu menapak kenyataan, salah satunya lewat hotel yang akan dibangun di Nagasaki, Jepang.

Namanya Henn-na Hotel, bila diartikan Hotel Aneh. Pembangunnya Huis Ten Bosch Co., Ltd. yang memang salah satu bisnis utamanya di bidang hotel dan resort.

Henn-na Hotel akan beroperasi mengusung moto “A commitment for evolution“. Nantinya resepsionis hotel ini adalah ‘actroids‘ [robot yang sangat mirip manusia]. Juga akan ada empat robot pembantu dan porter.

Rencananya tahap pertama pembangunan hotel ini selesai 17 Juli 2015. Akan ada 72 kamar dalam dua tingkat. Lalu kemudian tahap kedua akan rampung di awal 2016, dengan tambahan 72 kamar lagi.

Menurut Presiden Huis Ten Bosch, Hideo Sawada, “Kami akan membuat hotel ini menjadi yang paling efisien di dunia,” seperti dilansir cnn.com. Sawada berharap, kedepannya penggunaan robot bisa mencapai 90 persen.

Menurut pihak pembangun, efesiensi akan diterapkan dalam; akses masuk ke kamar yang menggunakan teknologi pengenal wajah. Amenities diberikan seminimal mungkin, bila kurang tamu tinggal memintanya lagi lewat tablet. Panel radiasi akan mendeteksi panas tubuh untuk menyesuaikan suhu kamar. Dan energi tenaga surya yang akan dimaksimalkan.

Mengenai tarif, pihak hotel telah menetapkan untuk single room akan dimulai dari US$ 60 – US$ 153. Sementara untuk kamar jenis lainnya seperti superior dan deluxe, harganya akan lebih tinggi.

Lebih jauh lagi, presiden Huis Ten Bosch ini mengimpikan pembangunan 1000 hotel yang serupa di seluruh dunia. Mudah-mudahan akan ada di Indonesia juga ya, G-Readers. « [teks @bartno | foto dok.Huis Ten Bosch]

SHARE