Keindahan Pantai Trikora di Pulau Bintan, Riau

0
641
Pantai Trikora

Bila kamu datang ke sini, ke Pantai Trikora, yang berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, kamu akan melihat garis pantai sejauh 25 kilometer. Pantai ini dihiasi batu-batu besar, ribuan pohon kelapa, dan kapal-kapal nelayan, sambil menjejak pasir putihnya.

Nama Trikora didapat dari adaptasi three coral, tapi versi lainnya mengaitkan ini dengan Tri Komando Rakyat. Karena Pulau Bintan pernah dijadikan wilayah pertahanan terluar Indonesia pada saat masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Di wilayah Pantai Trikora ini pula terdapat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan, yang memiliki bangunan warna-warni dan pernah digunakan untuk lomba MTQ.

Lalu di seberang pantai ini terdapat Gua Santa Maria yang katanya dibangun oleh pengungsi asal Vietnam. Seiring semakin dikenalnya gua ini, umat Katolik setempat dan pemerintah memperindah area tersebut, seperti dibangunnya sebuah Gereja Putih kecil di sana, sehingga area ini menjadi tempat favorit Kawasan Wisata Rohani Katolik.

Seperti apa kiranya di sana, yuk lihat foto-foto dokumentasinya di bawah ini. « [teks @bartno | foto dok. Indonesia.travel]

Sumber: Indonesia.travel