4 rencana Glenn Fredly untuk memuaskan fans di 2015

0
471

20 tahun berkarya, Glenn Fredly terus mengembangkan kreatifitas dari apa yang ia miliki. Di tahun 2015 ini, Glenn punya rencana melakukan empat hal yang akan memuaskan para penggemarnya:

» Pertama, ia sudah merencanakan untuk melakukan serangkaian tur ke 20 kota di Indonesia, seperti Ambon, Bandung, Cirebon, Pekalongan, Solo, Lampung, Palembang, Jogja, Purwokerto, Bali, Medan, Aceh, Pekanbaru, Surabaya, Malang, Samarinda, Balikpapan, Manado, Makassar, dan ditutup di Jakarta.

Rangkaian tur tersebut dimulai dari Mei dan berakhir Oktober 2015. Saat ditemui awak media pada acara konferensi pers “20 Tahun Berkarya” di Kedai Kopi 89, Rabu 11 Februari, Glenn mengatakan bahwa tur tersebut memiliki konsep dan akan ada treatment berbeda di setiap kota.

“Saya orang yang kalau mengerjakan sesuatu harus punya konsep. Dari awal saya berkarya, saya senang merencanakan sesuatu,” ujarnya.

Glenn ingin di setiap kota yang ia kunjungi saat tur tersebut ada unsur edukasinya. Ia akan berkunjung ke kampus-kampus untuk melakukan coaching clinic dan sharing tentang dunia musik Indonesia.

“Setiap mau konser di sebuah kota, H-1 datang ke kampus dulu, untuk mengumpulkan spirit dari yang muda muda. Edukasinya di situ,” tuturnya menjelaskan.

glenn fredly 20 tahun berkarya -11-2-15- kedai kopi kemang2

» Kedua, Glenn yang gemar membaca karya Pramoedya Ananta Toer ini mengungkapkan bahwa untuk karya selanjutnya, ia ingin bersinggungan dengan sastra. Karena sering nongkrong bareng Moammar Emka, maka Glenn mengajak Emka untuk kerjasama membuat sebuah novel. Novel tersebut berisikan sejumlah cerita cinta yang dikembangkan dari lagu-lagu yang Glenn ciptakan.

Moammar Emka terkenal lewat karya kontroversialnya, yaitu Jakarta Undercover, In Bed With Models, dan Ade Ape dengan Mak Erot?. Emka mengatakan, novel yang judulnya masih dirahasiakan tersebut rencananya akan selesai April.

“Idenya dalam rangka 20 tahun [Glenn Fredly berkarya]. Ada 14 lagu Glenn yang akan ditulis oleh 14 penulis berbeda. Penulis-penulis tersebut akan menceritakan lagu-lagu Glenn dengan interpretasi berbeda,” kata Emka.

Glenn Fredly 20 tahun berkarya

» Ketiga, setelah menjadi salah satu aktor pendukung di film Tanda Tanya dan menjadi produser film Cahaya Dari Timur yang meraih Piala Citra FFI, ia akan melanjutkan kontribusinya di dunia perfilman dengan terlibat di film Filosofi Kopi yang akan rilis 9 April 2015.

Selanjutnya, Glenn akan memproduseri sebuah film berjudul Surat Dari Praha yang akan mulai syuting pada Maret 2015. Ia mengatakan film tersebut bercerita tentang seorang tahanan politik yang diasingkan ke luar negeri.

Terkenal dengan kariernya di dunia musik, Glenn mengaku mulai tertarik film saat mengobrol dengan sutradara Angga Dwimas Sasongko. “Kita punya pendapat yang sama dan kolaborasi pertama kita yaitu Cahaya Dari Timur. Kalau ternyata film itu menang, kita tidak menyangka, karena kita pikir selalu bikin karya yang terbaik aja,” ujar Glenn.

Glenn Fredly 20 tahun berkarya

» Keempat, Glenn akan mengeluarkan album berjudul 20 yang saat ini sedang ia kerjakan dan rencananya akan rilis April 2015. Ada 10 lagu yang akan menjadi ungkapan isi hati Glenn dalam album barunya ini. Selain itu, ia juga berkolaborasi dengan beberapa musisi yang masih ia rahasiakan.

Glenn mengaku tidak pernah berpikir bisa sampai 20 tahun berkarya di industri musik. Sejak awal kariernya pada 1998, susah dan senang ia jalani. Ia berpendapat, berkarya di negeri ini tidaklah mudah, salah satunya karena adanya pembajakan.

Ia juga berpendapat, berkarya bukan hanya untuk popularitas semata. “Harapan saya, semoga generasi di bawah saya melebihi yang saya capai. Berkarya bukan cuma popularitas tapi berkarya juga memberi warna bagi bangsa ini. « [teks@essthia | foto @ryanstones]

SHARE