Film animasi peraih piala Oscar

0
439

Film animasi selalu menceritakan tokoh dan karakter unik melalui gambar dua atau tiga dimensi. Dalam ajang Academy Award atau biasa dikenal Oscar, nominasi untuk kategori Best Animated Feature diperuntukkan bagi film-film animasi.

Sekadar informasi, kategori Best Animated Feature dalam ajang penghargaan Oscar, pertama kali diikutsertakan pada tahun 2001. G-Readers, mau tahu film animasi apa saja yang berhasil meraih piala Oscar? Berikut film-film animasi yang telah mengukir prestasi di Oscar:

Spirited Away

Spirited Away (2001)

Sutradara Hayao Miyazaki
Sinopsis Chihiro, seorang gadis berusia 10 tahun, pindah bersama orang tuanya ke rumah baru yang sangat jauh dari rumah lamanya. Ketika dalam perjalanan, ayahnya mengambil arah jalan yang salah. Dan, mereka pun tak sadar telah memasuki dunia ajaib. Ketika orang tua Chihiro sedang makan dengan lahap di sebuah restoran yang kosong, Chihiro bertemu dengan seorang anak bernama Haku, yang kemudian memberi peringatan kepadanya untuk segera kembali ke seberang sungai, sebelum matahari terbenam. Namun, Chihiro telat menyadari. orang tuanya pun telah berubah menjadi babi, dan ia terjebak dalam dunia roh.

Finding nemo

Finding Nemo (2003)

Sutradara Andrew Stanton
Sinopsis Dua ekor ikan, Marlin dan istrinya, Coral, mengagumi rumah baru mereka di Great Barrier Reef, dan telur-telur mereka. Tiba-tiba ada serangan barakuda yang membuat Marlin pingsan. Ketika Marlin terbangun, ternyata Coral dan salah satu telurnya telah hilang. Marlin segera mencari Coral dan salah satu telur-nya yang bernama Nemo.

The IncrediblesThe Incredibles (2004)

Sutradara Brad Bird
Sinopsis Sebuah keluarga yang memiliki kekuatan super dipaksa masuk ke dalam program relokasi warga sipil setelah menghadapi beberapa tuntutan hukum atas kerusakan yang mereka sebabkan karena bertarung melawan kejahatan. Setelah 15 tahun berlalu, Bob tidak puas dengan kehidupan dan pekerjaannya. Ia merindukan masa ketika ia berjaya. Suatu hari, Bob emosi ketika saat atasannya menolak untuk membiarkan dia menghentikan perampokan. Hal tersebut menyebabkan ia dipecat dari pekerjaannya. Kemudian, Bob menemukan pesan dari seorang wanita bernama Mirage yang meyakinkan dia untuk menjadi seorang manusia super (MR. Incredible) lagi.

Ratatouille

Ratatouille (2007)

Sutradara Brad Bird dan Jan Pinkava
Sinopsis Remy adalah seekor tikus muda yang idealis dan ambisius. Ia memiliki indra perasa dan penciuman yang sangat bagus. Remy bercita-cita menjadi juru masak karena terinspirasi oleh idolanya, seorang koki yang telah meninggal bernama Auguste Gusteau. Ketika seorang wanita tua melihat Remy dan teman-temannya sesama tikus, mereka dipaksa untuk meninggalkan rumah mereka. Remy berpisah dengan teman-temannya dan berakhir di selokan kota Paris, kemudian akhirnya tiba di langit-langit yang menghadap ke dapur restoran milik Auguste Gusteau.

WALL-E

WALL-E (2008)

Sutradara Andrew Stanton
Sinopsis Tahun 2805, bumi dipenuhi sampah karena konsumerisme yang difasilitasi oleh perusahaan besar bernama Buy ‘n’ Large (BnL). Pada tahun 2105, BnL mengevakuasi penduduk bumi dengan pesawat otomatis, dan meninggalkan sebuah robot pembersih sampah bernama WALL-E, untuk membersihkan planet bumi. Namun, BnL menggagalkan rencananya membersihkan planet bumi, dan menonaktifkan WALL-E. WALL-E yang tinggal sendirian di bumi berhasil untuk tetap aktif, dengan memperbaiki dirinya menggunakan unit lain. Ia adalah sebuah robot yang penuh rasa ingin tahu dan senang mengumpulkan artefak peradaban manusia.

Suatu hari WALL-E menemukan bibit tanaman yang tumbuh. Kemudian, sebuah pesawat luar angkasa mendarat dan menghadirkan sebuah robot bernama EVE dari pesawat itu. EVE adalah robot canggih yang dikirim BnL, untuk mencari tanaman di bumi. Ketika EVE akan kembali ke luar angkasa dengan pesawatnya, WALL-E menempel di lambung pesawat dan mengikuti perjalanan EVE ke luar angkasa.

Frozen

Frozen (2013)

Sutradara Jennifer Lee dan Chris Buck
Sinopsis Elsa, seorang putri yang memiliki kekuatan cryokinetic, dapat menghasilkan es dan salju. Suatu malam, ketika sedang bermain, ia sengaja melukai adiknya, putri Anna. Orang tua mereka terkejut, kemudian mencari bantuan dari raja Troll, untuk menyembuhkan Anna dan menghapus sihir Elsa. Orang tua mereka mengurung Elsa dan Anna di dalam kastil, sampai Elsa dapat mengontrol kekuatannya. Takut melukai Anna lagi, Elsa menghabiskan waktunya sendirian di kamarnya. Hubungan persaudaraan mereka pun menjadi retak. Dan, saat mereka beranjak remaja, orang tua mereka meninggal dunia di laut saat terjadi badai.

Tahun ini, nominasi Oscar untuk kategori Best Animated Feature jatuh pada, The Boxtrolls, Big Hero 6, How to Train Your Dragon 2, Song of The Sea, dan The Tale of Princess Kaguya. Kira-kira film animasi mana ya, yang akan meraih piala Oscar?  « [teks @essthia | foto ist]