MTV VJ Feli Sumayku: Bagi gue, ini bukan sekadar tato

0
1066
Feli Sumayku
Vj Feli
Vj Feli

MTV VJ 2014 yang baru saja terpilih, Feli Sumayku [@nonafeli], ternyata memang suka sekali dengan tato. Pas melihatnya sosoknya, tampak tato di punggung lengannya dan burung yang melekat di lehernya. Karena penasaran, Ghiboo langsung saja bertanya kepada Feli [yang juga penyiar 89.6 IRadio FM] seputar tatonya.

udah ada berapa tato sekarang?
Ada… satu, dua, tiga… [menghitung satu-satu]. Ada sembilan!

kenapa sih mau bikin tato awalnya?
Pertamanya sih gara-gara keracunan sama kakak gue sih. Dulu kakak gue suka nonton Miami Ink, LA Ink. Dan kalau gue nonton mereka bikin tato karena ada ceritanya. There’s a story behind the tattoos. Jadi gue kayak, wah mereka se-appreciate itu sama apapun yang mereka pengin. Dan kebetulan bokap gue juga tatoan sih. Nyokap gue juga, tapi tato alis [tertawa].

tato yang paling bermakna?
Semuanya bermakna. Semua ada maknanya. Karena gue nggak pernah sekalipun bikin tato…. ya ini nggak munafik ya, selain buat gaya tapi semua tato gue ada artinya. Jadi nggak sekadar cuma buat gaya-gayaan. Semuanya ada ceritanya.

coba ceritain salah satu tato kamu.
Satu cerita… tato gue yang paling baru kali ya, yang paling baru kali ya. [menunjukkan tatonya yang paling baru]. Tiga hari sebelum acara VJ Hunt itu baru di-cover lagi warnanya.

Tattooitu singa… dan…
Singa sama mawar. Jadi ini sebenarnya adalah tatonya bokap gue. Sebelah kanan singa dan sebelah kiri mawar. Pas gue tanya ‘Papa itu artinya apa?’ Bokap gue jawab ‘Singa itu papa, mawar itu mama. Jadi papa ngejagain mama.’

Itu antara so sweet dan pengin gue kemplang, eh nggak mungkin dong ya, bokap gue… Gue kayak ‘ya ilaahh gaya banget lo‘ [nada mengejek bercanda]. Eh iya, yang kemplang coba tolong disensor ya, takut nggak ngerti bahasa apa itu ya [nyengir].

Habis itu gue bikin dua ini [tato dari bokap] dan di-combined… ya karena mereka jadi pelindung gue. They’re always by my side. I love you Ma, I love you Pa.

kalau tato pertama?
Tato pertama gue ada di belakang, salib, dan rosario.

alasannya?
Selain cari aman… yah, karena tato pertama pas nunjukkin ke Mama. ‘Ma, aku bikin tato pertama dong!” Karena setiap orang punya salibnya sendiri. Ini salib gue dan ini identitas gue juga sebagai anak Tuhan. Jadi gue taro di sini [menunjuk punggungnya] karena ini kepercayaan gue. Gue yakin bahwa Tuhan akan selalu menjaga gue. That’s why gue bikin tato ini.

seandainya ditawarin gaji besar dan pekerjaan yang besar, tapi syaratnya harus menghilangkan tatomu?
Nggak mau.

seberapa besar sih arti tato buat kamu?
Besar banget! Karena ini adalah sesuatu yang gue tanamkan seumur hidup. Ini paten nih, buat apa gue bikin kalau akhirnya bakal gue hapus gitu ‘kan. Setiap kali gue bangun tidur, setiap gue kemana-mana, setiap kali gue ngeliat ke tato gue, dan setiap kali gue ingat tato gue, gue tahu asal gue darimana dan seperti apa perjalanan hidup gue. Jadi ini adalah gambar yang menginspirasi gue di hidup gue. Jadi misalnya ini disuruh hapus gue yakin Tuhan bakal ngasih kerjaan yang lain.

sejauh ini ada nggak sih tato hasil desain lo sendiri?
Belum… Saya nggak bisa gambar.

kira-kira 5 tahun ke depan bagian mana yang bakal dipenuhi tato?
Punggung.

punggung?
Ya ‘kan 5 tahun ke depan gue, amin-amin, udah gendong anak kali ya? Kalau di bagian punggung ‘kan nggak terlalu kelihatan [tertawa]. « [teks @03BMAI | foto[email protected]_Sutopo]

SHARE