Waspadai ini, penipuan saat liburan di luar negeri

0
201
Ilustrasi

Inginnya saat kita jalan-jalan ke luar negeri tak ada bencana menimpa. Semuanya lancar dan pulang penuh dengan cerita dan tanpa tangan hampa.

Namun tak semuanya sesuai harapan, bisa saja suatu hal yang tidak menyenangkan terjadi, kena tipu misalnya. Uhh jangan sampai ya G-Readers.

Karena itu, untuk meminimalisir terkena penipuan di tempat asing, berikut diungkap 10 jenis penipuan yang sering menimpa para wisatawan, oleh Peter John, pengarang buku “Around the World in 80 Scams“.

1. Panggilan telpon palsu
Seringkali wisatawan tertipu oleh panggilan telpon di kamarnya. Aksinya biasa terjadi di waktu malam, telpon berdering mengaku dari front desk. Lalu mereka menjelaskan bahwa sistem komputer rusak, dan mereka butuh informasi mengenai kartu kredit kamu lagi. Dan setelah mereka dapat datanya, mereka menguras akun bank kamu.

Tips  Tolaklah memberikan informasi apa saja. Beritahu staff hotel dan polisi segera.

2. Penipuan tiket pesawat 
Hati-hati dengan penawaran tiket pesawat murah, atau tiket pesawat dengan jaminan refund. Bukannya malah mendapatkan tiket yang diinginkan, kamu malah sedih liburannya tak jadi.

Tips  Beli tiket langsung di perwakilan resmi maskapainya atau laman yang telah terpercaya.

3. Menu yang bukan menu sebenarnya
Bila tiba-tiba saja ada pamflet menu di bawah pintu kamar dan kebetulan perut sudah harus di isi lagi, berhati-hatilah, itu bisa saja palsu. Bila memesan lewat nomor yang tertera di situ, sang penjaja palsu akan meminta data kartu kamu untuk metode pembayarannya. Alhasil dari data itu uang di akun kamu bisa lenyap.

Tips  Telpon saja layanan kamar atau langkahkan kaki ke restoran lokal terdekat.

4. Perhiasan imitasi
Penjualnya menyakinkan kamu bahwa perhiasan ini asli yang dijual dengan harga promo atau diskon, dan di tokonya pun tertera ISO 9001, pertanda kualitas internasional. Tapi begitu kamu cek di negara tempat tinggal, ternyata itu imitasi. “Ini sering terjadi di wilayah Asia Tenggara dan India”, papar John.

Tips  Nikmati wisata kamu dan jangan terayu untuk membeli perhiasan di bawah harga pasar.

Selanjutnya, 5. Pencurian di pemeriksaan bandara  –  6. Pencuri pengalih perhatian – 7. Kembalian yang lama……

1
2
SHARE