Daerah penyumbang wisatawan tertinggi di Indonesia

0
304

Wilayah wisata di Tanah Air ini begitu banyak yang bisa dinikmati. Semua segi hiburan yang diinginkan wisatawan bisa didapatkan di Negeri Tercinta ini.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, ada tiga daerah yang paling banyak menyumbang kedatangan wisatawan, yaitu Bali, Jakarta, dan Batam [Kepulauan Riau], yang menyumbang 90 persen. Kemudian, ada lima daerah yang juga menyumbangkan kedatangan wisatawan besar, yaitu Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, dan Makassar.

Sementara kalau dilihat dari kunjungan wisatawan manca negara [Wisman] yang datang ke sini, data dari Kementerian Pariwisata menunjukkan bahwa Singapura menunjukkan posisi paling atas dalam periode Januari hingga November 2014, dengan total 1,32 juta Wisman. Lalu kemudian disusul oleh Malaysia- 1,12 juta, Australia- 936.032, dan China- 883.725.

Namun, menyikapi akan adanya hukuman mati terhadap dua warga Australia, yang dapat mengakibatkan menegangnya hubungan kedua negara, sehingga turut mempengaruhi jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia, Pak Arief berpendapat bahwa, “Untuk pariwisata people to people bukan government to government. Diharapkan hubungan people to people, hubungan sosial dan budaya antar rakyat Indonesia dan rakyat Australia tetap bekerjasama dengan baik”. Targetnya malah, kunjungan wisatawan dari Australia di tahun 2015 ini bisa tembus mencapai 1,2 juta orang. Semoga menjadi kenyataanya ya G-Readers. « [teks & foto @bartno]

SHARE