Rasakan kemeriahan Imlek dengan berlibur ke Selatpanjang

Dari tahun ke tahun Imlek di Selatpanjang banyak menggoda para wisatawan untuk terus berkunjung, turis lokal maupun turis mancanegara.

0
453
Vihara Sejahtera Sakti

Selatpanjang terletak di bagian utara di Pulau Tebing Tinggi, Ibukota Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, kota ini sangat strategis karena selain dekat dengan negara tetangga, juga menjadi jalur pelayaran dan perdagangan Internasional Selat Malaka di dua negara yakni Malaysia dan Singapore.

Selatpanjang berisi suku Melayu dan Tionghoa yang dominan, sehingga perayaan Imlek selalu diperingati dengan meriah.

Dari tahun ke tahun Imlek di Selatpanjang banyak menggoda para wisatawan untuk terus berkunjung, diantaranya turis lokal dari berbagai daerah di Indonesia dan turis mancanegara seperti Singapura, Malaysia, Hong Kong, China, Taiwan, dan Australia.

Vihara Sejahtera Sakti
Vihara Sejahtera Sakti

Penyambutan tahun baru Imlek di Selatpanjang berpusat di Vihara Sejahtera Sakti. Kegiatan sembahyang sudah pasti hal yang pertama G-Readers saksikan. Tetapi ada hal menarik yang selalu diselenggarakan untuk merayakan hari besar ini, yaitu warga akan berkeliling kota pada sore hari dengan menggunakan Bentor, di Riau menjadi sebutan untuk becak motor, hal ini akan berlangsung selama 6 hari berturut-turut setiap sorenya.

Berkeliling kota Selatpanjang dengan Bentor saat Imlek
Berkeliling kota Selatpanjang dengan Bentor saat Imlek

Pada hari ke-5, sebelum malam puncak perayaan Imlek, selalu diadakan Festival Kembang Api. Yang luar biasa adalah kembang api akan terus membanjiri langit hingga 3 jam lamanya, momen ini adalah yang paling ditunggu wisatawan.

Esoknya atau di hari ke-6, yaitu pada puncak perayaan Imlek akan lebih meriah karena bertepatan dengan ulang tahun Dewa Qing Shui Zu Shi atau Ching Cui Co Su, yang dipercaya pada hari itu Dewa akan turun ke bumi untuk mengusir unsur jahat dan memberikan kemakmuran dan ketentraman bagi warga kota. Yang menarik saat acara puncak adalah patung Dewa di atas tandu akan digotong dan melakukan pawai bersama atraksi tarian Liong dan Barongsai, serta diiringi dengan seni budaya Jawa Timur Reog Ponorogo.

Selain itu para tetua dan orang terpilih akan dirasuki oleh roh para Dewa yang biasa disebut dengan Thangkie, hal ini dipercaya menjadi alat komunikasi dengan Dewa, hampir sama dengan kebiasaan kota Singkawang dalam merayakan Imlek yang disebut dengan Tatung. Kesenian lain yang merupakan tradisi dari berbagai daerah setempat juga turut memeriahkan suasana Imlek di sana, seperti tari zapin yang merupakan seni khas Melayu.

Di Selatpanjang sendiri terdapat 20 kelenteng yang bisa dijelajahi. Atau bila ingin merasakan keindahan tempat ibadah agama lainnya bisa mengunjungi bangunan sejarah seperti Masjid Raya Darul Ulum yang merupakan Masjid terbesar di Selatpanjang dan Gereja HKBP yang selalu menjadi tujuan para turis dari Malaysia dan Singapura.

Untuk kuliner tidak kalah menarik dan lezat, Selatpanjang menawarkan mie sagu, mie sultan, rama-rama lada hitam (Ma cao Hey) Selatpanjang, miso, dan lontong sayur yang akan menggoyang lidah dengan sensasi berbeda. G-Readers, yuk sediakan jadwal wisata ke Selatpanjang. «[teks @EL_Sutopo | foto infomeranti]

SHARE