Ajari anak menabung, sembari memberikan angpao Imlek

0
140
Menabung

Menabung

Gong xi, gong xi! Angpao na lai? Saat-saat yang dinantikan oleh anak-anak selain hidangan dan makanan enak saat Tahun Baru Imlek adalah saatnya dapat angpao. Uang yang si kecil dapatkan tentu bisa banyak di hari raya besar ini. Memang ini kesempatan mereka untuk memanfaatkan uang untuk membelikan barang yang mereka inginkan. Namun, tak ada salahnya kita bisa mengajarkan si kecil untuk bisa menabung.

“Yuk, kita nabung!”
Sosialisasikan anak sejak dini tentang pentingnya menabung akan sangat berharga. Jelaskan ke anak bahwa menabung itu tidak harus langsung banyak. Anak boleh kok menikmati apa yang didapatnya dan menyisakan seribu, dua ribu, lima ribu, atau sepuluh ribu rupiah untuk ditabung. Coba buat komitmen untuk tidak membuka tabungan selama 1 tahun, dan di tahun berikutnya ia boleh membuka uangnya, dan tara! ia akan terkejut dengan hasilnya.

Antisipasi perilaku konsumtif
Gempuran iklan dan gaya hidup masyarakat yang cenderung konsumtif, dapat diantisipasi dengan pelajaran menabung dan memberikan pengertian mengenai barang yang dibutuhkan dan diinginkan. Terkadang sebuah reward atas prestasinya juga diperlukan untuk memacu anak untuk bekerja keras, seperti membangun komitmen. Misalkan, ia bisa memperoleh barang yang diinginkannya ketika nilainya baik di sekolah atau ketika ia berhasil melakukan komitmen untuk tidak bermain game seharian.

Nah, berhubung Hari Raya Imlek, selain memberikan angpao juga berikan celengannya untuk memulai pembelajaran menabung anak.  Selamat mencoba, G-Readers, semoga si kecil bisa belajar menabung! «[teks @03BMAI | foto shutterstock]

SHARE