Taman air mancur terbesar Indonesia ada di Purwakarta

0
395
Taman Air Mancur Sribaduga

Memasuki pekan terakhir Februari 2015, Pemerintahan Kabupaten Purwarkarta yang berada di bawah pimpinan Bupati H.Dedi Mulyadi SH, meresmikan Taman Air Mancur ‘Sribaduga’ Situ Buleud, yang merupakan taman air mancur terbesar di Indonesia.

Taman Air Mancur Sribaduga memiliki luas hampir satu hektar. Selain air mancur taman ini juga dilengkapi dengan pencahayaan dan laser yang bergerak menari dengan iringan musik, tak ubahnya Wings of Time di Singapura.

Tidak hanya taman air mancur terbesar di Indonesia yang diresmikan saat itu, Pak Bupati juga meresmikan dua karakter budaya lainnya, yaitu, Museum Diorama ‘Bale Panyawangan’ dan Monumen Citraresmi.

Museum Diorama ‘Bale Panyawangan’ merupakan museum diorama pertama di Jawa Barat yang mengangkat sejarah Sunda dan tentunya Kabupaten Purwarkarta. Diorama ini dilengkapi dengan teknologi mulitmedia dan sistem informasi digital yang menyuguhkan berbagai informasi terkait sejarah Sunda dan Purwakarta. Yang juga menarik adalah adanya bioskop mini yang khusus memutar film dokumenter sejarah kerajaan Sunda, Purwakarta, dan kota-kota di Jawa Barat.

Monumen Citraresmi. Letaknya berada tepat di halaman depan Taman Air Mancur ‘Sribaduga’ Situ Buleud. Monumen ini merupakan bagian dari sejarah Sunda yang lebih populer dengan peristiwa perang bubat.

Ketiga tempat itu akan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Purwakarta. “Sebagai kabupaten yang memiliki sejarah kerajaan Sunda yang cukup kental, kami pun ingin menjadikan sejarah dan budaya Sunda sebagai bagian dalam membenahi dan menata kota sesuai dengan visi ‘Purwakarta Berkarakter'”, jelas Bupati Purwakarta, dalam pidato singkatnya di acara peresmian itu.

Bupati H.Dedi Mulyadi SH
Bupati H.Dedi Mulyadi SH

Tambahnya, “Kehadiran ketiga karakter dan ikon kota ini tujuannya adalah untuk memberikan wadah rekreasi yang dapat dinikmati oleh masyarakat Purwakarta sehingga mereka tidak perlu ke luar kota untuk mencari hiburan karena sekarang Kabupaten Purwakarta sudah memiliki taman air mancur terbesar di Indonesia yang berada di Taman Air Mancur ‘Sribaduga’ Situ Buleud, dengan atraksi air mancur spektakuler yang tak kalah seperti di negara Singapura”.

So, G-Readers ada yang mau segera ke Kabupaten Purwakarta kah? « [teks @bartno | foto infopwk.com]