Danau Kelimutu, bikin takjub dengan perubahan warnanya

Danau Kelimutu menjadi tujuan utama turis mancanegara jika berkunjung ke Flores.

0
484
Danau Kelimutu danau tiga warna di Flores

Siapa yang tidak kenal dengan danau tiga warna? Disebut juga Danau Kelimutu, merupakan danau kawah dipuncak Gunung Kelimutu di Flores, Nusa Tenggara Timur yang menyimpan berjuta keindahan.

Dengan luas 1.051.000 meter persegi, Danau Kelimutu menjadi tujuan utama turis mancanegara jika berkunjung ke Flores. Terletak di Desa Koanara Kecamatan Wolowaru, 66km dari kota Ende dan 83km dari Maumere, di sana terdapat desa kecil di kaki Gunung Kelimutu bernama Moni yang merupakan gerbang utama menuju Danau Kelimutu, dan dari Moni perlu menempuh jarak lagi sekitar 15km, bisa menggunakan mobil, ojek, atau transportasi umum yang tersedia.

Kelelahan akan terbayarkan dengan pemandangan yang menakjubkan di puncak Gunung Kelimutu, dengan hamparan 3 danau dengan 3 warna yang berbeda yang dapat berubah-ubah, warna hijau giok, menjadi hitam pekat yang menyeramkan, lalu berubah lagi menjadi warna coklat, bahkan bisa berwarna biru pekat [secara ilmiah perubahan warna ini terjadi karena adanya faktor mineral, lumut, batu-batuan, dan cahaya matahari] fenomena alam yang terjadi ini menjadi daya tarik turis untuk berkunjung ke Danau kelimutu.

Para ilmuwan yang meneliti fenomena keajaiban alam ini menyakini bahwa danau ini terbentuk dari erupsi gunung vulkanik pada zaman purba. Dan masyarakat setempat menamai masing-masing danau dengan nama; Tiwu Ata Mbupu [danau jiwa-jiwa orangtua yang meninggal] untuk danau yang berada paling barat, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai [danau untuk jiwa-jiwa muda-mudi] untuk danau yang di tengah, dan Tiwu Ata Polo [danau untuk jiwa-jiwa orang yang selalu melakukan kejahatan] untuk danau yang paling timur. « [teks @EL_Sutopo | foto berbagaisumber]

Danau Kelimutu
Danau Kelimutu