Lagu ciptaan Virzha Idol sering ditolak label rekaman

0
415

Virzha, juara tiga ajang Indonesian Idol musim kedelapan, resmi meluncurkan album perdana berjudul Satu, Jumat pekan lalu. Arti Satu pada album bergenre pop rock ini adalah memulai langkah dengan satu tekad dan tujuan.

Album Satu terdiri dari sebelas lagu. Bukan hanya sebagai penyanyi, Virzha Idol juga menciptakan beberapa lagu di album ini. “Album ini berawal dari mimpi seorang Virzha. Ada enam lagu ciptaan Virzha, selebihnya ciptaan musisi lain,” kata pria bernama lengkap Di Muhammad Devirzha ini.

Menurut ia, menciptakan lagu sendiri adalah sebuah tantangan. Karena lagu-lagu yang ia ciptakan sempat ditolak director artist & repertoire Alfa Records, Ade. Namun, ia tidak pantang menyerah, ia terus membuat lagu dan lama kelamaan, lagu yang diciptakannya masuk ke dalam album yang kental dengan aransemen rock ini.

“Kalau masalah lagu yang nggak diterima mungkin memang lagunya jelek, lalu buat lagu yang bagus. Nggak ada putus asa. Yang pertama ditolak karena kurang komersil. Kesininya Virzha mengerti apa yang dimaui label,” ujarnya.

Virzha 1Lagu jagoan dalam album ini adalah “Aku Lelakimu” yang diciptakan Pongki Barata. Sebelumnya, lagu ini pernah dipopulerkan Anang Hermansyah.

Pongki yang hadir dalam launching album Satu mengaku bahwa ia sebenarnya tidak mengikuti ajang Indonesian Idol dan tidak tahu tentang Virzha. Pongki melihat video Virzha di situs YouTube yang menyanyikan lagu “Aku Lelakimu” di salah satu episode Indonesian Idol.

Video tersebut ternyata dilihat jutaan orang. Setelah itu, Pongki mulai memperhatikan bakat Virzha.
“Buat saya sebagai yang punya lagu, melihat lagunya diapresiasi oleh banyak orang, itu suatu penghargaan sendiri. Saya harus bilang, bahwa di tangan Virzha, lagu ‘Aku Lelakimu’ lebih berbeda dan kekinian,” tutur Pongky.

“Di sini saya melihat, bahwa inilah terjadi connect antara industri musik, seniman, dan fans. Ini yang saya senang. Saya berderai air mata, gila klipnya, dan ketika jadi samplenya pun gila,” Pongki menambahkan.

Dengan dirilisnya album Satu, Virzha Idol berharap bisa terus berkarya di belantika musik Indonesia. Selain itu, ia juga akan berusaha mewujudkan mimpi-mimpinya, salah satunya mengadakan konser. “Mimpi terbesar konser. Mudah-mudahan album ini bisa jadi pembuka yang baik buat Virzha. Artinya karya-karya Virzha bisa dikenang sampai generasi seterusnya.” « [teks & foto @essthia]

SHARE