American Sniper: Kisah sang legenda sniper Amerika

0
416

American Sniper merupakan film tentang penembak jitu paling mematikan di Amerika Serikat, dengan jumlah korban 160 orang. Film ini pun sukses mengemasnya menjadi drama tentang konflik batin Sang Legenda.

Ayah Chris Kyle berprinsip dalam kehidupan ada tiga tipe manusia : korban, pelaku dan penyelamat. Dengan prisip inilah dia mendidik anak-anaknya dengan ketat untuk jadi penyelamat. Ketika masih muda, Chris Kyle [Bradley Cooper] merupakan koboi rodeo, yang akhirnya mengajukan diri untuk mengabdi kepada negara, menjadi seorang Navy Seal.

Saat mengikuti pelatihan, Kyle bertemu dengan seorang wanita yang kemudian menjadi istrinya Taya Renae Kyle [Sienna Miller]. Mengarungi rumah tangga, akhirnya Kyle dan Taya mendapat kabar sukacita, jika sang istri hamil. Sayang kabar sukacita itu harus dihadapkan dengan panggilan tugas negara. Kyle mendapat panggilan tugas pertama, disaat Taya hamil.

Sebagai tugas pertama, Chris Kyle ditempatkan sebagai penembak jitu di Irak pada tahun 2001. Sebagai seorang sniper yang selalu berada di atas atap dengan senjata, ia dituntut untuk memiliki kecermatan yang tinggi. Ia harus siap setiap waktu ketika ada sesuatu yang mengancam, dan melepaskan peluru dari senjatanya. Karena kemampuannya ini, Kyle pun dijuluiki sebagai Sang Legenda, yang sudah membunuh banyak orang ‘savages'(orang biadab).

Setelah misi pertama selesai, dengan prinsipnya “sang penyelamat”, Kyle tak sabar untuk kembali ke medan perang, dan mendaftar untuk misi kedua. Di perang kedua, Kyle ditugaskan untuk menangkap Zarqawi, yang merupakan kaki tangan Bin Laden. Sayangnya, di misi kedua, Kyle gagal.  Ia pun lanjut ditugaskan dengan misi ke-3 dan ke-4, dan masih berada di tanah Irak. Di misi ke-4, akhirnya Kyle sukses menumbangkan Zargawi, sebagai target utama.

Film yang berdasarakan kisah nyata ini dapat memberikan nilai tambah bagi daya tariknya. Rasa penasaran bagaimana perjuangan yang telah dilalui oleh seorang sniper paling mematikan dalam sejarah Amerika Serikat.

Clint Eastwood, sang sutrada sendiri mencoba untuk mengangkat drama kehidupan nyata seorang Chris Kyle, dan action menjadi jualan utamanya. Namun, dua hal tersebut malah menjadi terasa ambigu. Pasalnya, kadar action dan drama disajikan tidak utuh. Meski begitu, ke-ambiguan ini yang membuat American Sniper menarik, dan mengundang rasa penasaran alur demi alur. Setidaknya Clint sukses menjadikannya American Sniper sebuah film biografi betemakan militer.

American Sniper menarik karena ia punya medan perang di dunia nyata, dan juga perang pada dirinya sendiri, dan itu terbantu dengan penampilan yang diberikan oleh Bradley Cooper. Ia merupakan wujud yang ideal dari penembak jitu Chris Kyle, dengan gaya khas Texas. Cooper juga mengajak kita melihat Kyle Sang Legenda yang percaya diri di medan perang, namun rapuh dan canggung saat kembali ke rumahnya.

Film ini menarik untuk ditonton, terutama pada bagian scene awal, dimana Kyle standby dengan senapan, terlihat cukup membuat tegang. Scene perang terakhir, dengan badai pasir juga sangat bagus sekali. Yang paling klimaks terletak pada ending-nya. Ketika Kyle mencoba memberikan bantuan moral kepada teman-teman veteran perangnya, namun malah mati secara tragis. Point penting, Eastwood berhasil menyampaikan dengan baik bagaimana seharusnya seorang pahlawan dihargai. «[teks @jeanjany | foto vareity.com/teaser-trailer.com/forbes.com/tazsflickpicks.com]

Director Clint Eastwood
Production Warner Bros Pictures
Writer  Jason Hall (Screenplay),Chris Kyle,Scott McEwen,James Defelice (buku)
Cast Bradley Cooper, Sienna Miller, Kyle Gallner
Duration 132 minutes