XXI Short Film Festival 2015 : Ayo nonton film pendek di bioskop!

0
341

XXI Short Film Festival 2015, telah sampai pada tahun ke-3 penyelenggaraan. Khusus tahun ini, ajang penghargaan industri film pendek tanah air ini, diselenggarakan lebih besar dengan ratusan film pendek yang bersaing menjadi pemenang.

Festival film pendek yang diselanggarakan oleh Cinema XXI, selalu menjadi kompetisi dan pemutaran film pendek terbesar di Indonesia. Dan, tahun ini kompetisi dan pemutaran film akan berlangsung, 18-22 Maret 2015, di XXI Epicentrum Jakarta.

Kaum filmmaker muda Indonesia bisa menunjukkan kemampuannya melalui kompetisi film pendek ini yang telah berlangsung sejak 8 September hingga 10 Desember 2014 lalu. Dalam kurun waktu tersebut, sudah ada 651 film pendek yang ikut serta, yang kemudian sudah dipilih, atau dikurasi menjadi 3 kategori. Yaitu, 9 finalis kompetisi film pendek fiksi, 6 finalis kompetisi film pendek dokumenter, dan 8 finalis kompetisi film pendek animasi.

Film-film yang telah terpilih tersebut, nantinya akan bersaing dalam memperebutkan penghargaan pada masing-masing kategori, yaitu:

– Film Pendek Pilihan Media (masing-masing kategori)
– Film Pendek Penghargaan Khusus Indonesia Motion Pictures Association (IMPAS)
– Film Pendek Favorit

XXI Short Film Festival 2015
XXI Short Film Festival 2015

Selain penghargaan, film yang berhasil menjadi pemenang akan mendapatkan uang tunai, beasiswa, dan yang paling bergengsi adalah pemutaran film-film pemenang di jaringan bioskop Cinema XXI sesuai festival.

Demi mendukung perfilman Indonesia, Cinema XXI juga mengadakan program Pitching Forum dalam XXI Short Film Festival 2015. Di mana filmmaker bisa mempresentasikan ide cerita film pendek, dan berkesempatan untuk meraih pendanaan film pendek dari Cinema XXI.

30 team terbaik telah mengikuti workshop pada 18-20 Januari 2015 lalu di Club Djakarta XXI, dan terpilih 10 team terbaik untuk presentasi di depan para juri yang terdiri dari produser-produser di AROFI (Asosiasi Produser Film Pendek) dan panitia XXI Short Film Festival.

Dari sesi pitching tersebut akan dipilih 3 project terbaik yang akan diumumkan pada Awarding Night XXI Short Film Festival 2015, pada tanggal 22 Maret 2015. Masing-masing team yang terpilih akan mendapat 10 Juta rupiah, dan kamera dari Cinema XXI. Rangkaian kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh SAE Institute Jakarta.

Selain itu, film pendek Internasional juga akan ditayangkan pada pelaksanaan XXI Short Film Festival 2015. Salah satunya, ada film pendek The Phone Call yang baru memenangkan Best Live Action Short pada Oscar 2015. Program ekslusif Official Teaser Launching film animasi panjang Indonesia Battle of Surabaya yang telah menjalani proses produksi lebih dari 2 tahun juga akan ditayangkan.

Tidak hanya dapat menyaksikan film pendek berkualitas, G-Readers juga bisa mengikuti rangkaian workshop mengenai filmmaking yang akan diselenggarakan selama festival berlangsung. Kegiatan ini diselenggarakan Cinema XXI, dan bekerjasama dengan Production House antara lain StarVision, Mizan, Maxima Pictures dan Dapur Film milik Hanung Bramantyo. Workshop juga akan dihadiri oleh pembicara dari Viddsee merupakan online video platform berbasis Singapura.

Sekadar informasi, seluruh kegiatan XXI Short Film Festival 2015 ini terbuka untuk umum dan gratis. «[teks @EL_Sutopo | foto dok. XXI Cinema XXI]