Yang baru dari band POTRET

0
256
POTRET - JAVA JAZZ 2015
POTRET - JAVA JAZZ 2015
POTRET – JAVA JAZZ 2015

Grup band POTRET yang beranggotakan Melly Goeslaw (vokal), Anto Hoed (bass), dan Aksan Sjuman (drum) telah vakum selama enam tahun. Kini mereka muncul kembali dengan menambah dua anggota baru, yaitu Mery Kasiman (keyboard) dan Nikita Dompas (gitar). Dengan bertambahnya personel, POTRET merilis single baru berjudul ‘Gimana Caranya’.

Lewat single ‘Gimana Caranya’ yang dikeluarkan lewat label Aquarius Musikindo, POTRET menunjukkan keunikannya. Keunikan POTRET kali ini adalah membuat musik dengan semangat yang didasari oleh kreativitas ‘keterbatasan’.

Keterbatasan ini diartikan, layaknya band yang baru pertama kali merekam musiknya di studio yang sederhana dan alat seadanya, bukan yang dilengkapi peralatan canggih dan mahal. Anto mengatakan, kalau rencana POTRET untuk tampil lagi, sudah ada sejak tahun 2012.

“Tahun 2012 akhir memang punya wacana untuk bikin potret, jadi rasanya mungkin bukan ikut-ikutan. Memang timing-nya pas. Kita rindu main band. Kebetulan label juga rindu, keluarlah kayak sekarang,” kata Anto saat jumpa pers peluncuran single ‘Gimana Caranya’ di JI-EXPO, Kemayoran, 6 Maret 2015.

Aksan menambahkan, dengan bergabungnya Mery dan Nikita sebagai personel POTRET yang baru, band ini tidak pernah berpikir untuk memberi warna pada musik mereka. “Setiap karakter dalam sebuah band pasti menyumbang kualitas. Itu akan terdengar sendiri oleh pendengar, apa yang beda. Kita sendiri nggak bisa menjelaskan dengan logis,” jelas sang drummer.

Masa kejayaan POTRET di tahun 90-an, pasti berbeda dengan era industri musik masa kini. Terjun kembali ke industri musik Indonesia, bersama dengan band-band baru yang masih muda dan terkenal, pasti butuh strategi khusus. Menanggapi hal ini, Nikita bersama POTRET mengaku tidak memikirkan strategi apapun agar bisa bersaing dengan band lain

“Strateginya nggak ada. Kalau dari kita nggak pernah ngumpul berlima mikirin cara supaya lebih dari yang lain. Natural banget prosesnya. Terdengar berbeda sama yang lain sudah pasti. Mbak Melly, dan yang lain sudah makan asam garam di Industri musik. Jadi, pasti nggak sama dengan yang lain,” ujar Nikita dengan mantap.

POTRET menjadi salah satu grup musik yang masuk dalam line up pengisi Java Jazz Festival [JJF] 2015. Tepatnya, grup Melly Goeslaw cs ini,  tampil pada hari pertama JJF,  Jumat, 6 Maret 2015, bertempat di hall A3 BNI. Dan, single terbaru mereka, ‘”Gimana Caranya” diperdengarkan secara resmi pada pergelaran JJF tersebut.

Selain itu, mereka juga menyanyikan lagu-lagu yang terkenal di tahun 90-an, seperti “Usia 17”, “Diam”, “Terbujuk”, dan “Mak Comblang. Penampilannya di JJF 2015 tersebut, POTRET mengubah aransemen lagu menjadi sedikit nge-jazz. « [teks@essthia | foto @ryanstones]