G-Choice: Kata broadcaster tentang yang terbaik dari musik Indonesia

0
388
Hari Musik Nasional

Selamat Hari Musik Nasional, G-Readers! Setiap tanggal 9 Maret, seluruh bangsa Indonesia, memperingati hari Musik Nasional, dan sudah sepatutnya insan yang terlibat khusus di dalam industri musik tanah air, patut berbangga hati dengan peringatan hari Musik Nasional.

Sekadar informasi, hari Musik Nasional  jatuh pada tanggal 9 Maret, dipilih sebagai penghormatan kepada WR Soepratman, sang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sebagai bentuk penghormatan itu, Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono akhrnya mengeluarkan Keppres Nomor 10 Tahun 2013, tentang penetapan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional.

Perkembangan musik di Indonesia sendiri dari jaman ke jaman mengalami perubahan, dan pasang surut. Kadang, disetiap era-nya memiliki trend genre musik berbeda-beda. Tenang, perbedaan itu bukanlah masalan, tetapi membuktikan kalau musik tanah air kita kaya.

Menanggapi perbedaan dari jaman ke jaman, pastinya Indonesia memiliki era ke-emasan, dan musisi-musisi terbaik dari setiap genre. Dari musik pop, rock, jazz, sampai musik anak-anak Indonesia. Nah, untuk mengingatkan, siapa dan karya musik apa yang terbaik sepanjang masa di Indonesia, Ghiboo pun melempar pandangan ini kepada para pekerja radio. Tepatnya, para music director [MD] dan announcer. Yuk, kulik G-Choice spesial Hari Musik Nasional, berikut ini!

prita gchoicePrita Prawirohardjo, @Prita165 – Music Director Hard Rock FM Jakarta

Era keemasan musik Indonesia “Di tahun 80 dan 90-an. Untuk 80-an Krakatau dan Karimata, yang zaman sekarang tidak ada lagi musik seperti mereka. Kalau 90-an sudah pasti Slank.

Band Slank dulu lebih keren dari yang sekarang, karena sekarang musiknya lebih ke politik dan lebih dekat dengan rakyat, sedangkan dulu lebih ke cinta-cinta dan galau-galau gimana kayak gitu lah.”

The best pop Indonesia “Saat ini Tulus, dulu sempat Afgan, tetapi Tulus bisa punya karakter vokal yang baru, yang bisa menambah warna untuk musik Indonesia, terutama genre Pop. Dan, dia itu pop-nya nggak pop-pop banget, ada unsur urban dan soul-nya dimasukin.”

The best rock Indonesia “Tetap Slank, walaupun sudah berbau politik tetapi tetap suka kalau lihat Slank manggung.”

The best jazz Indonesia “Dijaman 80-an itu tadi, Krakatau daan Karimata

The best musik anak-anak “Kalau sekarang sudah pasti nggak ada yah, kalau zaman dulu waktu gue kecil banget itu, Adi Bing Slamet itu masih nyanyi. Jadi best musik anak-anak, yah Adi Bing Slamet dengan lagu ‘Jendral Kancil’.”

Musisi [grup/solo] one hits wonder “Kita bicara one hits wonder yah, dari 90-an juga nama bandnya Sinikini dengan lagu ‘Dan Senyumlah’, itu keren banget. Sebenarnya mereka ngeluarin album, tapi dulu yang paling ngetop singlenya, ‘Dan Senyumlah’.”

Everlasting song Emosi jiwa dari Yana dan Lita, dari Soundtrack Catatan si Boy 2, alasannya dari pertama dengar lagu itu sampai sekarang masih nyanyi dan nggak pernah bosan dengan lagu itu.”

Aditya Prabowo gchoiceAditya prabowo, @adit_broi – Music Director Cosmopolitan FM

Era keemasan musik Indonesia itu tahun 90’s itu paling oke!

The best pop Indonesia Bisa cowok bisa cewek, tapi dari dulu sampai sekarang sih, masih tetap band yaitu Maliq & D’essentials.

The best rock Indonesia kalau untuk rock sih Seringai itu keren banget. Kalau misalnya didengerin sampai saat ini, masih belum ada yang lagunya sekeren Seringai, dari segi lagunya oke, dan untuk materi, kualitasnya oke, dan audionya oke banget belum ada yang nyaingin sih.

The best jazz Indonesia Kalau untuk the best jazz indonesia itu ada Humania.

The best musik anak-anak Meskipun artisnya sudah bukan anak-anak lagi, sherina itu oke! Dan, sekarang juga masih oke, walaupun sudah semakin dewasa.

Musisi (grup/solo) one hits wonder Kalau untuk grup/solo one hits single banyak banget. Untuk yang baru-baru ini ada Cakra Khan.

Ever lasting song kalau ngomongin lagu yang nggak berbuah dari sekarang itu banyak lagu sih. masing-masing lagu mewakili jaman. untuk tahun 90-an semua pasti tahu sama Dewa 19, untuk lagunya “Cukup Siti Nurbaya”, dan untuk tahun 2000-an banyak, ya… mungkin Maliq termasuk yang banyak di dengar, dan banyak banget lagi.

Iwan Satro gchoiceIwan Sastro, @IwanSastro – MD Iradio network Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Makasar dan Banjarmasin.

Era keemasan musik Indonesia Sebenarnya setiap era itu memilki satu era di mana musik-musik yang ada di tahun tersebut berjaya.  Saya pribadi, karena saya hidup di tahun 90-an, jadi menurut saya era keemasan itu adalah tahun 90an.

Nggak nutup kemungkinan tahun 50-an, 60-an, bahkan 70an atau 80an sekalipun, juga termasuk era-era yang cukup baik. Arti kata banyak musisi Indonesia yang melahirkan musik berkualitas diera tersebut.

The best pop Indonesia? Kalau bicara [musisi] pria, saya akan sebut satu nama Glen Fredly. Karena menurut saya dia punya kapasitas untuk bermusik yang luar biasa. Dia bisa mengunyah lirik lagu dan juga membawakan lagu, sehingga siapa pun yang mendengarnya pasti tersentuh.

Mungkin liriknya yang dalam, dan hampir semua orang ngerasain. Dari semua lagu yang dibawain Glenn, yang paling saya suka adalah “Januari”.

The best rock Indonesia? Musik rock di tanah air itu mengalami banyak perubahan. Arti kata musik rock berubah,  hanyalah influens dari musik rock itu sendiri. Walau berakar rock, tapi tetap nuansanya masih pop.

Band rock dulu kita tahu God Bless, sekarang mungkin Andra And The Backbone. Mereka punya benang merah yang menyatukan, yaitu nafas kebebasan dari musik itu sendiri yang dituang dalam satu musik, yaitu musik rock.

Saya juga suka Dewa19, ketika vokalis-nya masih Ari lasso. Karakter suara Ari Lasso diakhir tahun 80-an, awal 90-an bisa menghipnotis semua pecinta musik tanah air.

The best jazz Indonesia? Saya menilai musik jazz di Indonesia bisa diperhitungkan mulai dari Indra Lesmana, terus ada Ireng maulana dijamannya. Tapi, kalau ngomongin jazz secara umum ya, ada seorang penyanyi jazz tahun 90-2000-an, ditemukan Elfa Secioria ketika masih berusia 14/15 tahun, bernama Andien.

Dia salah satu penggebrak musik jazz tanah air yang dibalut dengan nuansa pop, jadi jazznya itu nggak berat-berat banget. Andien itu merupakan salah satu vokalis yang dicari oleh musisi jazz tanah air. Jadi pilihan saya untuk vokalnya, Andien, dan untuk musik jazz sendiri, saya memilih Indra Lesmana

The best musik anak-anak? Lagu anak-anak itu penting banget sih. Seperti saya yang umurnya sudah banyak, ketika harus mengapresiasikan itu banyak sekali lagu anak-anak seperti Enno Lerian, Joshua. Karena waktu saya kecil itu masih banyak lagu yang masi dirilis di tahun 90an itu , jadi untuk lagu anak-anak terbaiknya sih ya lagu-lagunya Enno Lerian.

Musisi (grup/solo) one hit wonder ? Kalau ngomongin soal one hit wonder itu penyanyi keluar dengan satu lagu/satu album, kemudian goodbye my love, hilang gitu saja. Ada Jingga, yang terdiri dari dua personil pria dan perempuan. Mereka bikin lagu judulnya, “Tentang Aku.”

Menurut saya itu merupakan salah satu karya terbaik dari musisi tanah air. Dan sekarang nggak tau entah kemana, sudah bikin satu single, satu album dan hilang begitu saja.

Ever lasting song? “Ku Tak Bisa” Slank. lagu ini selalu saya puter ketika mood lagi nggak bener, Lagu yang selalu saya dengarkan sampai sekarang, walau pun itu lagu sudah jadul. Saya itu suka sama satu musisi, bukan suka karena they look you know, bukan tampilannya, bukan dia sebagai orang yang diidolakan, tapi saya suka dengan lagunya. Cuma lagunya. Saya nggak pernah nonton konsernya seumur hidup, atau punya posternya. Saya hanya punya kaset dan CD-nya.

ryo wicaksono gchoiceRyo Wicaksono, @Ryowicaknoris – Penyiar “Drive n Jive” HRFM Jakarta

Era keemasan musik Indonesia Menurut gue masih di era-90an

The best pop Indonesia Masih Chrisye, untuk lagunya hampir semua sih ya.

The best rock Indonesia Mungkin untuk the best rock gue nggak bahas tahun 90an, lebih maju ke era sekarang yaitu Seringai.

The best Jazz Indonesia Maliq & D’essentials mungkin masih bisa dibilang jazz kali yah, karena dulunya mereka jazz banget, walau sekarang bertranformasi jadi band pop. Tapi gue tetap milih mereka.

The best musik anak-anak Gue lupa siapa nama penyanyinya, tapi yang lagunya “bang bing bung yok kita nabung.

Musisi (Grup/solo) one hits wonder Untuk one hits wondernya Singiku “Kebebasan”.

Ever lasting song Dewa19 “Kangen”.

kamal gchoiceKamal Rasyid, @kamalrasyid – Penyiar “Masih Sore-Sore” iRadio FM Jakarta

Era keemasan musik Indonesia Tahun 90-an, Dewa 19!

The best pop Indonesia Kahitna lah!

The best rock Indonesia KOIL!

The best Jazz Indonesia Fariz FM

The best musik anak-anak Joshua Suherman!

Musisi (Grup/solo) one hits wonder Asti Asmodiwati karena ternyata dia adalah yang menyanyikan lagu “Satu Jam Saja” Audi, dan itu adalah lagu aslinya.

Ever lasting song “Bento” Iwan Fals. Karena, ini lagu belom pernah mati, dari zaman kapan tahu sampai sekarang masih eksis, bahkan sampai anak cucu gue tahu lagu ini. [teks G-Crew | foto @akun twitter]

SHARE