Begini cara Rian d’Masiv dan Viza ‘SPANK’ peduli lagu anak

0
453
Rian d'Masiv dan Viza Mahasa
Rian d'Masiv dan Viza Mahasa

Vokalis band d’Masiv, Rian Ekky Pradipta, atau yang dikenal dengan Rian d’Masiv menyuarakan aksi “Parental Control Movement” so we can “Save Our Children,” bersama Viza Mahasa dari band SPANK.

Menurut Rian dan Viza, nasib bangsa ada di tangan anak-anak Indonesia. Kalau anak-anak Indonesia rusak, bagaimana dengan masa depan bangsa? Atas dasar itu, Rian dan Viza pun mengajak para orang tua, atau orang dewasa lainnya untuk mendidik dan mengarahkan anak-anak ke arah yang positif.

Kepada Ghiboo, Rian menuturkan bahwa aksi Parental Control Movement ini, berawal dari kegelisahan dirinya terhadap kondisi anak-anak saat ini. Ia melihat anak-anak zaman sekarang sudah dewasa sebelum waktunya, karena mendengarkan lagu, dan menonton sesuatu yang belum pantas untuk seusianya.

Kebetulan Rian bertemu Viza, teman masa kecilnya. Viza menyuruhnya untuk mendengarkan lagu ciptaannya yang berjudul “Dewasa Sejak Dini”. Lagu yang dibawakan band SPANK ini, sudah dirilis sejak tahun 2014 kemarin.

“Pas aku dengerin lagunya kok kayak merinding gitu. Kayak dibawa masa kecilku dulu yang indah banget. Lagu anak-anak tahun 90-an tuh indah deh pokoknya. Kebanyakan anak-anak kecil sekarang nyanyinya lagu dewasa. Terus aku mikir, kayaknya harus berbuat sesuatu untuk anak-anak Indonesia,” kata Rian

Rian juga berpendapat bahwa sebagai musisi, mereka punya tugas berat untuk membuat musik yang disukai anak-anak.

Rian d'Masiv dan Viza Mahasa
Rian d’Masiv dan Viza Mahasa

“Kalau ngomongin lagu anak, pasti balik ke zaman dulu lagi. Kita harus bisa menciptakan lagu-lagu, yang anak anak Indonesia suka. Tapi, yang menginspirasi dan punya pesan yang positif. Mulainya dari lagu Dewasa Sejak Dini,” tambah vokalis band kelahiran Yogyakarta, 17 November 1986 ini.

Akhirnya Ryan membuat gerakan Parental Control Movement dengan mendapat dukungan dari Viza, dimana lagu “Dewasa Sejak Dini” akan selalu didendangkan mereka berdua, di berbagai acara TV dan radio. Viza menuturkan, sebenarnya lagu tersebutlah yang menjadi inspirasi gerakan Parental Control Movement ini.

“Dengan lagu itu kita ingin menyampaikan pesan kepada orang-orang Indonesia kalau adik-adik kita harus lebih kita jaga lagi. Karena adik-adik kita menganggap anak-anak muda sebagai idola. Jadi memang tugas kita semua bikin sesuatu yang fresh,” timpal Viza.

Sekadar informasi, gerakan Parental Control Movement pertama kali diselenggarakan pada 20 November 2014 di Sudirman, Jakarta Pusat. Dalam acara itu, hadir tokoh-tokoh yang telah lama berjuang untuk anak-anak, seperti kak Seto, Tika Bisono, Arist Merdeka Sirait, dan Papa T Bob. Dalam acara itu juga, Rian dan Viza memberikan sarana bermain anak yang berisi permainan tradisional.

“Kita main tak jongkok, egrang, segala macem. Jadi mengembalikan kebahagiaan ke titik gratis, seperti zaman kita dulu.” tutup Viza seraya tersenyum. « [teks@essthia | foto @ryanstones]