Mengatasi konflik di tempat kerja

0
931
Konflik di tempat kerja

Bagaimana cara mengatasi konflik di tempat kerja?

Jawaban:
Ketika kamu berhadapan dengan konflik yang ada dan kamu salah dalam menghadapinya, yang ada akan makin membuatnya menjadi repot. Namun akan lebih salah lagi jika konflik yang ada hanya kita diamkan dan tak ada penyelesainnya. That’s why kita harus punya strategi yang jitu banget dalam menghadapinya, Terutama konflik di tempat kerja.

Sementara konflik sendiri terbagi 3 tingkatan yaitu:
1. Solving, pada tahap ini masih bisa mencari solusi dengan berdiskusi mencari jalan keluar bareng-bareng dalam menyelesaikan konfliknya.
2. Winning, bukan lagi menyelesaikan masalah tapi lebih pendapat siapa yang benar, apakah pendapat kamu atau dia.
3. Hurting, tahap yang menyakiti orang lain.

Nah, yang perlu kita targetkan adalah kita harus menfokuskan pada solving the problem, karena di winning kita akan menang-menangan ego siapa yang benar dan yang salah, dan kita nggak terima kalau sampai kalah. Dan kalau sudah sakit hati itu akan menuju hurting, masalahnya adalah kita akan berubah menjadi jahat dan pengin banget nyakitin orang lain gara-gara kita sudah nggak suka lagi dengan dia. Karena itu untuk fokus pada solving kita harus mengesampingkan ego, jangan bawa-bawa perasaan pribadimu, kamu harus tetap profesional dalam menghadapi konflik yang ada agar kita bisa fokus dalam mencari solusinya. Memang tidak mudah namun ingat, ini bukan siapa yang menang melainkan bagaimana konflik ini bisa diselesaikan dengan baik. « [teks @jeanjany | foto ]

» Tentang Tag Money & Career: Artikel ini bersumber dari video #careerdoscope di YouTube Hard Rock FM. Penjawabnya adalah Andika Pradipta dan Bernadetta Anjani dari Daily Meaning, organisasi yang membantu para employee untuk meningkatkan kemampuan kerja.

SHARE