Bila senang wisata alam, sebaiknya ke Air Terjun Moramo

0
485
Air Terjun Moramo

Alam memang tempat paling ampuh menghilangkan kepenatan rutinitas sehari-hari. Mendengar suara gemercik air mengalir, angin yang bertiup di antara pohon-pohon, dan kicauan burung-burung yang bebas berterbangan adalah hal paling tepat mengobati kejenuhan.

Untuk menemukan semua itu, G-Readers perlu mencoba mendatangi Air Terjun Moramo. Lokasinya di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe atau sekitar 60 kilometer dari kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Dengan luas 38.937 Ha, air meluncur deras pada batuan granit besar yang bertingkat dengan ketinggian 0,5 hingga 3 meter. Berkat keindahannya, Air Terjun Moramo dipercaya menjadi tempat bidadari yang turun dari langit untuk mandi — menurut legenda Orang Konawe yang merupakan warga setempat.

Seperti tangga yang bertingkat-tingkat hingga 100 meter, Air Terjun Moramo memiliki 7 undakan air terjun dan 60 undakan kecil termasuk kolam kecil yang bisa digunakan untuk bermain air dan berenang.

Jika beruntung, G-Readers bisa menyaksikan pelangi di buih air terjun yang mengalir akibat biasan sinar matahari. Dengan batuan kapur yang menjadi dinding-dinding air terjun yang tidak akan licin dipanjat.

Air terjun yang ditemukan oleh transmigran asal Jawa pada tahun 1980 ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kamu bisa juga menyewa mobil yang tinggi atau motor dengan jarak tempuh 45 kilometer atau 1,5 jam perjalanan ke arah Selatan Kota Kendari.

Selanjutnya melanjutkan berjalan kaki sejauh 1 kilometer. G-readers tidak perlu khawatir tersesat, karena akses ke Air Terjun Moroamo telah memiliki jalan setapak.

Selain menikmati kesejukan alam, udara dingin, dan segarnya Air Terjun Moramo, G-readers juga akan menyaksikan beberapa hewan khusus yang endemik seperti anoa, babirusa, dan rangkong. Selamat berlibur! « [teks @EL_Sutopo dari Indonesia.travel | foto Indonesia.travel]