Boyband pop asal Inggris Raya yang ‘meledak’ di dunia

0
2093

Boyband merupakan sebutan untuk grup vokal pria, yaitu sebuah kelompok yang menyanyikan lagu bergenre pop atau R&B, terdiri dari tiga anggota atau lebih.

Selain kemampuan bernyanyi, kemampuan menggoyangkan tubuh mengikuti irama musik, dengan pakaian seragam atau bervariasi, juga menjadi ciri khas Boyband. Kurang lebih terdapat 158 boyband di dunia, termasuk Indonesia yang pernah ada dan memberikan karya. Dan, dari total boyband yang ada itu, terdapat boyband yang masih aktif dan sudah undur diri dari industri musik.

Bisa dibilang Boyband sangat menyita perhatian pecinta musik, dan khusus kelompok musik ini, sudah memiliki penggemar sendiri. Dan, kebanyakan fans mereka adalah dari kalangan remaja, namun tak sedikit pula orang dewasa menyukai beberapa grup vokal pria ini.

Ada banyak Boyband yang pernah memberikan karya terbaiknya di industi musik dunia, dan sempat ‘meledak’ atau sukses di industri ini. Nah, bicara boyband dan sepak terjang kelompok musik ini, Ghiboo telah merangkum 5 daftar boyband dengan aliran musik pop yang pernah ‘meledak’ di kancah musik dunia. Ini dia…

1. Boyzone

Boyzone
Boyzone

Boyband asal Irlandia ini telah berkarya sejak 1993, dengan anggota Keith Duffy, Mikey Graham, Ronan Keating, Shane Lynch dan Stephen Gately. Boyband dengan lima personel ini, telah menghasilkan sekitar enam album studio, dan 24 Single yang ‘laris manis’ di dunia musik. Sempat vakum pada tahun 2000, Boyzone kembali berkarya lagi pada tahun 2007, dan merilis album baru pada 2008 silam. Hingga pada 2009 group ini meneruskan karirnya tanpa Stephen Gately, karena meninggal dunia.

2. Blue

Blue
Blue

Boyband ini dimotori empat personel orang. Mereka adalah, Antony Costa, Duncan James, Lee Ryan, dan Simon Webbe. Blue terbentuk sejak 2000, dan merilis album pertama di tahun 2001 berjudul All Rise. Boyband ini pernah terpilih mewakili 2011 Eurovision Song Contest di Britania Raya, dengan membawakan lagunya berjudul ‘I Can‘. Karya mereka sempat terhenti pada tahun 2005, dan kembali berkiprah dari 2011 hingga saat ini.

 

3. Take That

Take That
Take That

Dengan beranggotakan lima orang, Gary Barlow sebagai penyanyi utama dan pencipta lagu, Howard Donald, Jason Orange, Mark Owen, dan Robbie Williams,  Take That pernah meraih kesuksesan. Dari 27 single yang ditelurkan Take That, pernah masuk dalam 40 besar chart, dan 16 single yang masuk dalam 5 besar tangga lagu di United Kingdom, dan 11 single diantaranya berhasil mencapai posisi 1, serta 7 album nomor 1.  Band ini dibentuk pada tahun 1990, dan sempat bubar pada tahun 1996, namun kembali berkarya pada tahun 2005 dengan 4 anggota [tanpa Williams], dan kembali bergabung dengan anggota lengkap pada tahun 2010. Secara keseluruhan di dunia musik Internasional Take That telah memiliki 54 hit dan 35 album nomor 1.

4. Westlife

Westlife
Westlife

Siapa yang tidak kenal dengan group yang satu ini. Westlife adalah boyband asal Irlandia, yang dibentuk pada 1998 dan beranggotakan lima pria tampan: Shane Filan, Kian Egan, Nicky Byrne, Mark Feehily dan Bryan McFadden [yang keluar pada tahun 2004]. Boyband ini terbukti sukses karena dengan 14 single karya mereka, dan berhasil menjadi nomor satu di tangga lagu di Britania, antara tahun 1999 sampai 2005. Tak hanya itu, single-single mereka juga mampu menarik perhatian fans di seluruh dunia, dan mereka pun sukses menggelar konser dibeberapa negara, termasuk Indonesia. Pada tahun 2011 Westlife mengumumkan akan bubar setelah tour keliling dunia, dan benar saja mereka berakhir di tahun 2012. Sangat disayangkan.

5. One Direction

One Direction
One Direction

Boyband asal Irlandia, One Directon [1D] terbentuk pada tahun 2010, di London, Inggris. Boyband yang beranggotakan lima anak muda, diantaranya Niall Horan, Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles dan Louis Tomlinson ini, merupakan lulusan dari ajang pencarian bakat The X Factor, tahun 2010.

Walaupun tergolong baru, One Direction telah berhasil memegang peringkat pertama di chart Billboard Amerika, dan telah memenangkan banyak penghargaan di American Music Award [AMA]. Grup ini juga telah menghipnotis banyak fans-nya dengan album, ataupun single-nya. Yang sangat menakjubkan lagi, ketika data dari Official Charts Company mengungkapkan, kalau 1D berhasil menjual album ketiga mereka lebih dari 237.000 kopi, hanya dalam jangka waktu tujuh hari.

Karir yang sangat cemerlang bagi usia boyband yang tergolong muda. Hmmm… Dengan prestasi ini, tak heran, jika 1D percaya diri mengadakan konser tour keliling dunia.

Ngomong-ngomong soal konser, boyband yang hits lewat single “What Makes You Beautiful” ini, kini sedang disibukkan tur konser bertajuk.  “One Direction On The Road Again Tour 2015. Dalam rangkaian jadwal konsernya, 1D juga akan mengunjungi Directioners [sapaan fans One Direction] Indonesia, lho. Konser perdana 1D di tanah air ini akan digelar pada 25 Maret 2015 mendatang, di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.  «[teks @EL_Sutopo | foto berbagai sumber]