5 destinasi wisata pilihan di Brunei Darussalam

0
2383
Masjid Sultan Omar Ali Saefudin

Negara tetangga ini menyatu dalam satu pulau dengan Kalimantan, Brunei Darussalam namanya. Berbahasa resmi Melayu, Brunei Darussalam memiliki luas wilayah 5.765 kilometer persegi.

Terkenal dengan kekayaan alamnya, terutama dari minyak buminya, dan lewat pengelolaan yang baik dari kekayaan alamnya itu, Brunei termasuk salah satu negara maju di Asia.

Tanpa visa, warga Indonesia bisa berkunjung ke negara serumpun ini dengan batas waktu kunjungan selama 14 hari saja. Namun itu sudah cukup kok, untuk menikmati 5 tempat wisata rekomendasi kami di Brunei Darussalam.

1. Masjid Sultan Omar Ali Saefudin
Nama masjid ini diambil dari nama Sultan ke-28 Brunei yaitu Sultan Omar Ali Saefudin III. Didirikan pada tahun 1958, dalam luas areal 5 hektar di atas kolam buatan di tepi sungai Brunei. Letaknya di Bandar Seri Begawan, Kampong Ayer. Dua jembatan berkelok menjadi jalur masuk menuju Masjid terindah di Asia Tenggara ini.

Ciri khas dari Masjid Sultan Omar Ali Saefudin adalah kubahnya dilapisi emas murni, dan bahan-bahan pembuatnya dipilih yang terbaik, seperti marmer dari Italia, karpet dari Arab Saudi, granit dari China, dan lampu-lampu kristal dari Inggris.

2. Kampong Ayer
Lokasinya tak jauh dari Masjid Sultan Omar Ali Saefudin, karena memang berada dalam satu area yang sama. Kampong Ayer telah ada lebih dari 1.300 tahun lalu. Semua penduduknya tinggal di rumah panggung, di atas sungai Brunei.

Tempat ini dijuluki Venice of the East, dan menjadi warisan budaya yang dijaga keasliannya oleh pemerintahan Brunei.

3. Brunei History Centre
Dengan mengenal sejarah tempat yang dikunjungi, kamu semakin akan merasakan sebagai warga lokal. Di pusat sejarah Brunei ini yang didirikan pada tahun 1982, kamu bisa temukan silsilah Sultan Brunei dan keluarga kerajaannya. Juga tentang peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di negara ini.

4. Istana Nurul Iman
Letaknya sekitar 3 kilometer ke arah barat Bandar Seri Begawan. Istana Nurul Iman merupakan kediaman Sultan Brunei. Dibangun sangat megah dengan biaya lebih dari 16 triliun rupiah. Luas areanya 200 ribu meter persegi yang terdiri dari 5 kolam renang, 257 kamar mandi, 1.788 kamar, 51 ribu lampu, 110 garasi mobil, 44 tangga, 18 elevator, masjid, dan dengan kubah yang terbuat dari emas. Namun, istana ini dibuka untuk publik pada saat Hari Raya saja.

5. Jerudong Park
Taman bermain seluas 57 hektar milik Brunei ini merupakan yang termahal di Asia Tenggara. Pembangunannya selama 4 tahun memakan biaya lebih dari 10 triliun rupiah. Terdapat ragam permainan seperti, biang lala, komedi putar, bumper cars, mini golf, water park, dan the musical garden.

Supaya semakin nyaman liburannya di Brunei nanti, pilih provider yang memberikan kemudahan berkomunikasi saat di sana. Seperti Indosat misalnya, yang menjamin tagihan biaya internet kamu maksimal hanya Rp 79.000 per hari. Jadi, saat sedang menggoogling apa yang seru di sana atau upload foto liburan, kamu tak perlu khawatir kena biaya besar. Selamat berwisata! « [teks @bartno | foto Iuliia Sokolovska/ id.dollarphotoclub.com]

SHARE