Chloe Purnama, gadis 12 tahun raih omzet 600 juta

0
7351
Chloe Purnama
Chloe Purnama

CHLOE PURNAMAUsia 11 biasa diisi anak-anak dengan bermain dan belajar. Namun, Chloe Purnama, memutuskan untuk mulai menjalankan bisnis online shop. Tak disangka saat usianya 12 tahun, Chloe bisa menghasilkan omzet hingga 600 juta per tahun.

Kisah luar biasa itu tertuang dalam sebuah buku berjudul Chloe: Sukses Berbisnis Online Shop. Ghiboo mendapatkan kesempatan mewawancarai Chloe secara khusus.

Buku dan orang yang menginspirasinya

Chloe bilang bukunya ditulis penulis ternama, Alberthiene Endah. Ia penulis buku Merry Riana – Mimpi Sejuta Dolar, Chrisye: Sebuah Memoar Musikal, dan Joko Widodo – Menyentuh Jakarta.

Gadis yang jago bermain harpa ini menuturkan, bahwa pertemuannya dengan Alberthiene berawal dari program talkshow di salah satu stasiun televisi. Setelah mengenal Chloe lebih jauh, Alberthiene tertarik untuk menuangkan kisahnya ke dalam sebuah buku.

“Dia mau menulis buku saya karena saya adalah anak pertama umur dua belas yang menghasilkan omzet 600 juta,” katanya.

Chloe mengaku suka dengan gaya tulisan Alberthiene. Selain itu, ternyata ia juga mengoleksi semua buku-buku karya Alberthiene. Menurut Chloe, cara Alberthiene menulis dan mengungkapkan semua cerita perjalanan hidupnya sangat indah dan menyentuh. Terutama di bagian ketika adiknya sakit dan meninggal dunia.

“Aku setiap kali baca itu selalu menangis dan kata-kata yang digunakan Alberthiene sangat menyentuh. This is a masterpiece,” tutur gadis kelahiran Amerika Serikat, 18 Juli 2001.

Lima tahun lalu, tepatnya tahun 2009, adik Chloe yang bernama Clida harus pergi untuk selamanya karena penyakit kanker otak. Kepergian Clida membuat Chloe menjadi lebih peka kepada anak-anak. Terutama anak-anak yang serba kekurangan, yang berada di panti asuhan, kurang pendidikan, dan anak-anak yang sering kelaparan.

“Itu menjadi motivasi untuk mendanai dan menghasilkan uang untuk anak-anak bakti sosial melalui bisnis online-ku. Karena saya sangat peduli dan mencintai mereka. Jadi sebenarnya kalau Clida tidak meninggal, aku tidak akan ada di titik ini,” ujar penggemar Merry Riana dan Agnes Monica ini.

CHLOE PURNAMABisnis online shop atau sekolah?

Produk yang dijualnya lewat akun Instagram @chloepurnama adalah berbagai busana, tas, aksesori, dan make up untuk wanita umur 13 sampai 30 an. Awalnya, Chloe terinspirasi oleh teman-temannya yang membuka online shop sejak berusia belasan tahun.

“Saya belajar dari teman-teman. Dulu saya umur 11, dan teman-temanku umur 14, 15, 16. Saya pengin banget seperti mereka dan bisa punya bisnis saya sendiri,” katanya mengenang.

Jangankan untuk anak-anak. Untuk orang dewasa pun, berbisnis pastilah menyita banyak waktu dan pikiran. Lalu bagaimana dengan sekolah Chloe yang saat ini masih duduk di grade 9?

“Sekolahnya harus dipentingkan dulu. Jadi harus didahulukan. Misalnya pagi aku satu jam sekolah dulu, terus satu jam lagi online shop. Tapi biasanya aku seharian mengontrol online shop-ku selama tiga jam. Karena aku home schooling jadi ada banyak waktu,” kata gadis penyuka film action dan drama ini. Hebat ya G-Readers! « [teks[email protected]foto @EL_Sutopo]

SHARE