Cikal bakal dongeng Cinderella

0
625
Cinderella
Cinderella

Film Cinderella produksi Walt Disney Pictures saat ini sedang diputar di bioskop. Banyak orang yang sudah tahu kisahnya, jauh sebelum film Cinderella terbaru muncul. Sebagian besar cerita Cinderella yang sudah banyak diketahui orang itu, diambil dari versi garapan Disney, tahun 1950.

Hmmm… Tapi, sebenarnya dari manakah kisah Cinderella ini berasal? Apakah kisah versi awalnya sama dengan yang diceritakan di film produksi Disney? Nggak usah tebak-tebakan G-Readers, berikut fakta-faktanya tentang kisah Cinderella, yang sudah Ghiboo rangkum. Simak!

» Cinderella adalah cerita rakyat dari Eropa yang mengangkat unsur penindasan

» Kisah Cinderella dalam bentuk tulisan pertama kali muncul dalam kumpulan kisah-kisah fairy tales, karya penulis Italia, Giambattista Basile, yang berjudul Pentamerone tahun 1634. Sedangkan, kisah Cinderella karya Basile berjudul Cenerentola.

Ringkasan cerita: Seorang pangeran yang telah ditinggal mati istrinya memiliki seorang putri bernama Zezolla. Zezolla diasuh oleh seorang pengasuh. Dengan bantuan Zezolla, pengasuh tersebut membujuk sang pangeran untuk menikahinya. Sang pengasuh kemudian membawa enam anak perempuannya yang akhirnya menindas Zezolla.

» Selanjutnya, kisah Cinderella ditulis oleh penulis Perancis, Charles Perrault dalam kumpulan kisah-kisah fairy tales karyanya berjudul Histoires ou contes du temps passé (Stories or Fairy Tales from Past Times with Morals) tahun 1697. Untuk kisah Cinderella karya Perrault berjudul Cendrillon.

Ringkasan Cerita: Seorang pria menikah dengan wanita angkuh yang memiliki dua orang putri yang egois. Sang pria sendiri telah memiliki seorang putri dari istri pertamanya yang sudah meninggal. Ibu tiri dan dua anaknya memaksa putri dari pria tersebut untuk mengerjakan pekerjaan kasar sepanjang waktu.

cinderella 13

» Terakhir, kisah Cinderella ditulis lagi oleh penulis Jerman, Grimm bersaudara dalam kumpulan cerita rakyat karya mereka berjudul Grimms’ Fairy Tales tahun 1812. Kisah Cinderella karya Grimm bersaudara berjudul Aschenputtel.

Ringkasan Cerita: Seorang wanita berbaring di ranjang menanti ajalnya, dan memanggil putri tunggalnya untuk menemaninya. Wanita tersebut meminta putrinya untuk selalu menjadi gadis baik. Ia juga mengatakan bahwa Tuhan akan selalu melindunginya. Setelah memberi pesan kepada putrinya, wanita tersebut akhirnya meninggal. Setahun kemudian, suami dari wanita yang meninggal tersebut menikah lagi.

Ia menikah dengan seorang wanita yang memiliki dua anak perempuan. Mereka bertiga memiliki wajah cantik, akan tetapi sifat mereka kejam. Mereka bertiga sering mencuri pakaian sang gadis baik hati, dan memaksanya untuk melakukan pekerjaan buruk.

» Dari sekian banyak versi kisah Cinderella, Disney memilih kisah yang ditulis Perrault. Versi Perrault lah yang menghadirkan elemen ibu peri, labu yang berubah menjadi kereta, dan sepatu kaca. « [teks[email protected]foto dok. Walt Disney Pictures]

Sumber: Wikipedia, moviefone.com

SHARE