Ungu tampil serba baru di album Mozaik

0
195

Grup band Ungu resmi meluncurkan album ke-12, yang diberi judul Mozaik. Semakin dewasa dialbum barunya, grup band yang berdiri sejak tahun 1996 ini, memberikan kejutan dengan tampil serba baru, dari genre musik sampai logo band.

Adapun judul Mozaik memiliki arti, terdiri dari berbagai warna yang seakan acak, namun nyatanya memiliki keindahan.

“Album ini kayak puzzle. Genre lagunya juga nggak biasa kita mainkan. Ada jazz, ska, rock. Studionya beragam, waktunya juga berbeda. Sebenarnya menerjemahkan, bahwa album ini beragam.” kata Makki saat jumpa pers peluncuran album Mozaik, di KFC Kemang, Jakarta, Rabu 18 Maret 2015.

Keberagaman genre musik tersebut tentunya memberikan warna baru bagi band yang digawangi Pasha [vokalis], Enda [gitar], Rowman [drum], Makki [bass], dan Oncy [gitar] ini. Contohnya di lagu “Pogo Pogo” yang bergenre ska, atau lagu “”Cududu (All I Wanna Do)” berbahasa Inggris, dan bertempo upbeat dinyanyikan bersama penyanyi Indonesia berdarah Filipina, Lala Karmela.

Menurut Pasha, musisi adalah orang aneh yang hanya punya dua pilihan, mereka yang bosan dengan karya nya sendiri, atau pendengarnya yang bosan

“Ada challenge di depan kita, bahwa kita harus coba yang lain. Jangan sampai ada titik jenuh di pendengar. Kalau dulu 70 persen di ranah romantis, 30 persen suka suka kita. Sekarang ketuker, 70 persen suka suka kita, 30 persen yang sakit hati gitu.” jelas sang vokalis.

Selain warna musik baru, Ungu juga mengganti logo yang sudah belasan tahun menjadi ciri khas Ungu dengan logo baru.

Dimana huruf ‘g’ bertanduk pada kata ‘Ungu’ biasanya didominasi warna hitam, dan huruf disekitarnya’u’, ‘n’ dan ‘u’ berwarna ungu, kini di logo barunya, huruf ‘g’ bertanduk menjadi full colours, dengan desain mozaik atau puzzle. Sedangkan, warna untuk huruf lainnya diberi warna putih.

“Kalau logo sih memang harus berubah, biar matching sama judulnya. Kan judul albumnya Mozaik. Menurut gue itu keren.” tambah Enda dengan mantap.

Album Mozaik dikerjakan bersama beberapa produser handal seperti Irwan Simanjuntak, Ari Aru, Stephan Santoso, Andi Jibron, Denny Chasmala, dan Andreas Arianto. Album ini terdiri dari 11 lagu yang menampilkan single pertama berjudul “Terbaik”. « [teks[email protected]foto @ryanstones]

SHARE