April nanti, bersiap yuk ke perayaan tahun baru Kamboja

0
197
Kamboja

Tahun baru sebentar lagi menyapa, tapi kali ini untuk warga Kamboja. Tahun baru mereka yang disebut dengan ‘Chaul Chnam Thmey’ atau Tahun Baru Khmer akan hadir selama tiga hari pada 14, 15, dan 16 April 2015.

Perayaan Tahun Baru Kamboja bertepatan dengan berakhirnya musim panen. Selama tiga hari itu mereka melakukan tiga hal berbeda.

G-Readers yang ingin berkunjung saat mereka merayakan Tahun Barunya akan mendapatkan pengalaman yang istimewa.

Pengalaman itu bisa langsung G-Readers ceritakan tanpa takut kebobolan tagihan biaya internet. Dengan menggunakan paket Indosat roaming internasional, biaya maksimal internetan hanya Rp 79.000 saja per hari. Juga tanpa perlu setting pemilihan jaringan operator di luar negeri. Asyikkan.

Lalu kegiatan apa saja yang bisa dibagikan kepada teman-teman nanti, berikut apa yang terjadi selama perayaan tiga hari Chaul Chnam Thmey, April nanti.

Hari pertama, Maha Songkran – Warga Kamboja berdandan rapih, menyalakan lilin, dan membakar hio di kuil-kuil. Mereka juga mencuci muka di pagi hari, membasuh dada di saat siang, dan mencuci kaki sebelum tidur mereka dengan air suci, hal tersebut untuk mendatangkan keberuntungan.

Hari kedua, Virak Wanabat – Pada hari ini orang ramai bersedekah dan membantu orang yang membutuhkan. Dan bersama keluarga mereka menghadiri upacara penghormatan kepada leluhur di biara.

Hari ketiga, Virak Loeurng – Para penganut Buddha melakukan pembersihan patung-patung Buddha, dan orangtua mereka dengan percikan air wangi. Memandikan patung Buddha sebagai simbol bahwa air dibutuhkan oleh semua kehidupan. Dan juga mengajarkan bahwa melakukan kebaikan membawa umur panjang, keberuntungan, kebahagiaan, dan kemakmuran. Sedangkan dengan membantu membersihkan diri orangtua dan kakek mereka, anak dapat meraih restu dan nasihat untuk masa depannya.

Selain ritual keagamaan yang dilakukan di perayaan Tahun Baru Kamboja ini, kamu juga dapat menyaksikan tarian dan permainan yang dilakukan warga Kamboja, seperti Chol Chhoung, Chab Kon Kleng, Bos Angkunh, Leak Kanseng, Bay Khom, dan Klah Klok. Katanya permainan-permainan ini mirip dengan permainan yang ada di Manipur, India. « [teks @bartno | foto … ]

SHARE