Celeb Fact: Lee Kuan Yew, bapak pendiri Singapura

0
253
Lee Kuan Yew
Lee Kuan Yew
Lee Kuan Yew
Lee Kuan Yew

Masyarakat Singapura kini sedang berduka atas wafatnya Lee Kuan Yew. Lee adalah Perdana Menteri pertama Singapura.

Setelah berpisah dengan Malaysia pada 1965, Singapura hanya sebuah kota pelabuhan dari era kolonial, bahkan tidak punya daerah penyangga penghasil produk pangan.

Sebelum merdeka, Singapura mendapat pemasukan dan lapangan kerja dari tentara kolonial Inggris. Tapi setelah merdeka, dua hal tersebut lenyap.

Berkat berbagai usaha yang dilakukan Lee, warga Singapura kini bisa merasakan pendidikan, kesehatan dan pelayanan publik yang berkualitas. Lee pun menjadi tokoh politik yang sangat berpengaruh. Apa saja fakta-fakta tentang Lee?

» Lee Kuan Yew lahir di Singapura pada 16 September 1923.

» Lee mengambil jurusan hukum di Fitzwilliam College, Inggris. Ia kembali ke negaranya pada 1949 untuk bekerja sebagai pengacara di biro Laycock & Ong.

» Bersama temannya, Lee membentuk Partai Aksi Rakyat (PAP) untuk mendorong berdirinya pemerintahan Singapura yang berdaulat sehingga kolonialisme Inggris berakhir pada 1954

» Lee Kuan Yew merupakan perdana menteri pertama Singapura. Ia menjabat dari tahun 1959 dan mengundurkan diri pada 1990. Kemudian ia memberikan kuasa kepada Goh Chok Tong, dan ia berdiri di belakang sebagai menteri senior, sampai putranya Lee Hsien Liong naik jadi perdana menteri pada 2004

» Singapura berkembang menjadi salah satu negara maju di dunia, selama dibawah pimpinan Lee. Meskipun hanya mempunyai sedikit penduduk dan sumber daya alam.

» Selama menjabat, Lee mengatur seluruh aspek hidup masyarakat Singapura. Ia tak memberi tempat bagi oposisi. Lee menekan partai politik, mengendalikan media, dan menciptakan berbagai macam tata tertib. Misalnya, melarang warganya mengunyah permen karet.

» Lee membangun sejumlah perusahaan negara, dan menjadikannya setara dengan perusahaan swasta global. Contohnya memajukan perusahaan holding negara, Temasek yang mengendalikan modal sejumlah bank. Temasek kini mengendalikan modal lebih 200 miliar dollar Amerika Serikat [AS].

Lee Kuan Yew
Lee Kuan Yew

» Lee sempat menulis dua buku, yaitu “The Singapore Story” yang berisikan pandangannya mengenai sejarah Singapura, hingga negara itu keluar dari Federasi Malaysia pada 1965. Serta buku “From Third World to First: The Singapore Story” yang berisikan pandangannya mengenai perubahan Singapura menjadi negara maju.

» Lee menerima berbagai penghargaan, yaitu “Order of the Companions of Honour” pada 1970, “Knight Grand Cross of the Order of St Michael and St George” pada 1972, “Freedom of the City” di London pada 1982, “Order of the Crown of Johore First Class” pada 1984 dan “Order of the Rising Sun” pada 1967

» Dijuluki ‘raksasa sejarah’ oleh Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, karena saran-sarannya dicari para pemimpin dunia.

» Lee pernah mengunjungi mantan presiden Suharto di rumahnya, di Jakarta pada 26 Juli 2007.

» Menurut presiden Joko Widodo, dibawah kepemimpinan Lee, Singapura telah berhasil mentransformasikan diri menjadi pusat kegiatan ekonomi utama di kawasan Asia, dan sejajar dengan negara-negara maju lainnya.

» Menurut Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Lee telah menerapkan standar yang tinggi di negara Singapura. Walhasil, Ahok mengaku mencontek sejumlah kebijakan Singapura untuk diterapkan di Jakarta.

» Lee dirawat di rumah sakit Singapore General Hospital di Singapura sejak 5 Februari 2015 karena menderita penyakit radang paru-paru.

» Lee meninggal dunia pada Senin 23 Maret 2015 pukul 3.18 pagi di rumah sakit yang sama tempat ia dirawat. Ia meninggal pada usia 91 Tahun.

» Lee Hsien Liong, putra Lee yang juga Perdana Menteri Singapura, mengumumkan masa berkabung nasional selama tujuh hari untuk ayahnya. Sebagai tanda penghormatan, bendera Singapura di semua gedung pemerintah akan dikibarkan setengah tiang sejak Senin 23 Maret, sampai Minggu 29 Maret 2015

Quotation of Lee Kuan Yew

Selain dikenal semangat juang bagi negara Singapura, Lee Kuan Yew juga dikenal dengan kutipannya yang bermakna dan menginsiparis banyak orang. Berikut kutipan Lee yang terkenal:

» “Saya menginginkan kedamaian sosial dan kestabilan di dalam negeri. Saya tak mengikuti resep apapun dari para ahli teori tentang demokrasi.”

“Singapura adalah perhatian utama saya hingga akhir hayat. Mengapa saya tidak mau melihat Singapura terus sukses?”

» “Bahkan ketika saya sedang sekarat, bahkan ketika kalian akan memakamkan saya dan saya merasa ada sesuatu yang salah. Saya akan bangkit kembali.”

» “Saya selalu berusaha untuk menjadi benar, bukan benar secara politik.”

» “Saya dulu bermain golf, tetapi saya tidak mendapatkan manfaat untuk kesegaran tubuh karena ini adalah olahraga pemalas. Bermain golf sembilan lubang memakan waktu 1,5 jam. Saya lari selama 20 menit dan merasa lebih sehat. Jadi alasan keuntungan dan kerugian itu membuat saya berhenti bermain golf.” « [teks[email protected]foto AFP]

SHARE