Menguji kemampuan kamera Sony Alpha 5100

0
625

Pada akhir September tahun lalu, kamera Sony Alpha 5100 sudah bisa dibeli oleh masyarakat Indonesia. Range harganya saat ini berkisar antara 7 hingga 8,5 juta rupiah bersama dengan lensa kit 16-50mm.

Alpha 5100 dibenamkan sensor Exmor APS-C CMOS dan BIONZ X, yang berkemampuan 24.3 megapixel. Layarnya yang berosolusi 921 ribu pixel dan luas 3 inci, bisa digerakan sejauh 180 derajat. Ini artinya foto selfie mudah dilakukan.

Kamera yang diklaim Sony sebagai kamera mirrorless terkecil di dunia ini, dilengkapi dengan flash yang terintegrasi, iso-nya dari 100-25600, sistem auto focus/AF yang cepat hanya 0,07 detik dan mencakup 179 titik, serta menggunakan teknologi 4D focus, sehingga mampu mengikuti objek yang bergerak, juga kecepatan jepretnya hingga 6 fps.

Untuk video, kemampuan rekamannya Full HD 1080/60p dan 24p yang bisa dimasukan dalam format XAVC S, AVCHD, dan MP4. Dan untuk konektivitas, Alpha 5100 menyediakan sambungan NFC, dan Wi-Fi.

Dengan spesifikasi seperti itu, kami telah melakukan tes mengenai kemampuan kamera ini bila digunakan secara terus-menerus, berapa lama waktu untuk video, dan kemampuan teknis lainnya. Dan berikut hasilnya.

  • Dari posisi mati hingga siap bidik dengan menggeser tuas on/off dibutuhkan waktu kurang dari dua detik.
  • Bila G-Readers ingin menggunakan video secara terus menerus sebaiknya siap-siap dimatikan mendekati 18 menit. Karena dari percobaan kami waktu tercepat Alpha 5100 memberikan sinya overheat pada 18 menit 25 detik [dalam suhu ruangan]. Ketika tanda overheat muncul, maka kurang dari 5 detik, kamera akan mati sendiri.
  • Lama waktu untuk membuat video juga tergantung dengan kondisi suhu lingkungannya, saat suhu lebih dingin seperti di malam hari kami berhasil mencatatkan waktu 22 menit dan 23 detik. Sebaiknya, ketika terjadi overheat diamkan kamera sampai sudah tak terasa lagi panas di body-nya.
  • Ketika lupa mematikan Alpha 5100, maka dalam waktu lebih kurang 1 menit mesinnya akan merubah diri ke posisi sleep. Untuk mengaktifkannya cukup dengan menekan tombol jepret.
  • Sedangkan untuk kemampuan baterainya dari 100 persen hingga 0 persen, tes kami menunjukkan waktu 156 menit dan 4 detik.
  • Ini yang cukup mengagumkan, tanda peringatan baterai akan habis hingga benar-benar habis, jeda waktunya 10 menit dan 30 detik. Cukup lama ya.
  • Dalam kondisi 0 persen, G-Readers perlu waktu sekitar 3 jam dan 40 menit untuk full baterai 100 persen.

Bagaimana dengan hasil fotonya, yuk lihat di galeri kami ini.

« [teks @bartno | foto @ryanstones , Sony.co.id]

SHARE