Terbelit masalah obesitas? Baca “Cara Fun & Smart Diet Remaja”

0
177
Cara Fun & Smart Diet Remaja

Cara Fun & Smart Diet Remaja

Melihat isu obesitas yang bergulat di dunia remaja, dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt. dan psikolog Tara Adisty de Thouars, BA, Mpsi., membuat sebuah buku dengan judul “Cara Fun & Smart Diet Remaja“.

Isu obesitas yang melanda dunia remaja adalah hal yang kurang begitu disoroti. Walaupun di Indonesia isu obesitas pada remaja dikatakan tak begitu besar, tetapi angka tersebut berkembang terus dari tahun ke tahunnya.

Pada tahun 2010, tercatat 1.4% remaja mengalami kelebihan berat badan dan obesitas di Indonesia. Hingga di tahun 2013 persentase meningkat di angka 10.8%. dimana 8.3% menderita kelebihan berat badan dan 2.5% menderita obesitas. Dalam siklus 3 tahun saja, angka tersebut meningkat 8 kali lebih besar.

Beberapa remaja mengutarakan perasaannya mengenai permasalahan kelebihan berat badan yang mereka alami. Berikut pernyataan 2 orang remaja mengenai berat badan mereka:

“Saya selalu merasa gagal karena gemuk. Seperti menjadi orang menjijikan yang tidak bisa mengendalikan diri.” [Lisa, 14]

“Ibuku seringkali makan cemilan dan junk food, tapi aku dilarang.” [Ira, 14]

Buku ini yang dibuat oleh Tara dan Grace ini mengulas, obesitas bisa diatasi dengan cara mengatur pola makan yang sehat. Bukan dengan cara memuntahkan makanan ataupun tidak makan sama sekali. Peran orangtua juga terbilang amat penting dalam melakukan pendekatan terhadap remaja itu sendiri, terutama dalam menata pola makan dan pola hidup. Di sini orangtua berperan sebagai inisiator.

Grace dan Tara juga menganjurkan program konsultasi, jika para remaja juga membutuhkan konsultasi dan bimbingan, klinik lightHOUSE. Program tersebut ialah lightTEEN, MOM & DAD, yang ditujukan kepada remaja dan orangtua. Program ini melibatkan ahli gizi dan dokter untuk konsultasi, serta psikolog untuk sesi workshop. Untuk melihat program selengkapnya, dapat mengunjungi www.lighthouse-indonesia.org« [teks @03BMAI | foto dokumentasi lightHOUSE untuk Ghiboo]